ADVERTISEMENT

Kamis, 12 Mei 2022 09:32 WIB

Arti 'Diduga' Hepatitis Misterius, Probable hingga Klasifikasi Pending

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Arti diduga hepatitis misterius (Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat)
Jakarta -

Dugaan kasus hepatitis misterius bermunculan di berbagai wilayah Indonesia, dan jumlahnya terus bertambah. Sebenarnya apa artinya saat pasien disebut 'diduga' hepatitis misterius?

Hingga kini, Kementerian Kesehatan RI menyebut sudah ada 18 pasien diduga terkait hepatitis misterius, 2 di antaranya adalah pasien dewasa. Belakangan, hasil tes laboratorium memastikan 5 di antaranya bukan hepatitis akut misterius.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut ada 21 kasus dugaan hepatitis misterius di wilayahnya. Penyelidikan epidemiologi tengah dilakukan terkait kasus-kasus tersebut.

"Seperti yang disampaikan kemarin, data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi," ujar Riza, Rabu (11/5/2022).

Sebenarnya, apa arti 'diduga' dalam kaitannya dengan hepatitis akut misterius? Berikut ini beberapa istilah yang perlu dipahami:

Hepatitis Akut Misterius

Istilah hepatitis akut misterius banyak digunakan untuk merujuk pada kondisi yang memiliki nama resmi Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology). Hepatitis sendiri merupakan radang hati yang umumnya disebabkan oleh virus.

Hepatitis bisa disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, dan E, maupun virus lain. Nah, hepatitis yang penyebabnya dipastikan bukan seperti selama ini diketahui, dikategorikan sebagai Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.

Pasien yang diduga terjangkit hepatitis akut misterius kemungkinan termasuk dalam kategori probable, epi-linked, hingga pending classification atau klasifikasi pending.

NEXT: Mengenal kategori 'dugaan' hepatitis misterius, probable, epi-linked, hingga pending classification.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT