Selasa, 17 Mei 2022 20:45 WIB

COVID-19 di Korut Mulai Menyebar, Ini Biang Keroknya?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Korea Utara tengah berjibaku menanggulangi pandemi di wilayahnya. Guna mengatasi pandemi, Kim Jong Un memerintahkan lockdown nasional di kawasannya. COVID-19 di Korut mulai menyebar, ini biang keroknya? (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Parade militer besar-besaran di Korea Utara pada 25 April 2022 lalu, diidentifikasi sebagai biang kerok penyebaran COVID-19. Dugaan ini berdasarkan hasil temuan sejumlah tentara yang berpartisipasi dalam acara tersebut dinyatakan positif COVID-19.

Radio Free Asia melaporkan, beberapa tentara yang ditugaskan sebagai penjaga perbatasan di Kota Sinuiju mulai merasakan gejala COVID-19 pada awal bulan Mei 2022. Kota tersebut berada di seberang Sungai Yalu, berbatasan dengan China.

"Mereka mengalami demam tinggi dan gejala pernapasan akut. Setelah di tes oleh pihak berwenang bagian kesehatan, dikonfirmasi mereka terinfeksi varian Omicron," kata salah satu pejabat keamanan di Pyongan Utara.

Sumber tersebut mengatakan, sebagian orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 merupakan pekerja dan tentara yang mengikuti parade militer tersebut.

"Pihak berwenang kemudian melaporkan insiden ini ke komando karantina darurat nasional dan langsung mengirimkan laporan tersebut sebagai laporan No.1," terang sumber tersebut lagi.

Parade Militer jadi Biang Kerok COVID-19

Sebelumnya, seorang peneliti dari Institut Unifikasi Nasional Korea yang berbasil di Seoul, Korea Selatan, Hing Ming menduga, penyebaran COVID-19 di Korea Utara ada hubungannya dengan parade militer 25 April lalu. Parade tersebut menandai peringatan 90 tahun berdirinya militer Korea Utara dan mengumpulkan lebih dari 20.000 tentara.

"Lebih dari 20 orang bersiap untuk parade tersebut dua bulan sebelum acara dan berada di ibu kota untuk berfoto bersama Kim Jong-un," kata Ming, dikutip dari Channel News Asia.

Pengamat dari Institut Sejong, Cheong Seong-chang menilai, pemerintah Korea Utara terlalu percaya diri dengan mengadakan parade militer di tengah wabah Omicron yang merebak di China.

"Menyelenggarakan para militer yang dihadiri banyak orang saat Omicron menyebar di negara tetangga China, menunjukkan bahwa Pyongyang terlalu percaya diri atas kemampuan mereka dalam melawan dan mencegah virus," kata Cheong.

Virus Menyebar dengan Cepat

Organisasi Kesehatan Dunia pada Senin (16/5/2022) memberi peringatan bahwa COVID-19 akan menyebar dengan cepat di Korea Utara, mengingat program vaksinasi COVID-19 belum terlaksana.

"Dengan negara yang belum memulai vaksinasi COVID-19, akan ada risiko virus dapat menyebar dengan cepat di antara masyarakat kecuali dibatasi dengan tindakan tepat dan cepat," kata direktur regional WHO untuk Asia Tenggara, Poonam Khetrapal Singh, dikutip dari Reuters, Selasa (17/5/2022).



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)