ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Mei 2022 07:00 WIB

Hepatitis Akut Misterius Diduga Efek Long COVID, RSCM Buka Suara

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Ilustrasi hepatitis (Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat)

Ia juga menambahkan bahwa dulu pernah muncul kondisi seperti ini pada saat pandemi influenza tahun 1918, yaitu muncul penyakit misterius yang menyerang bagian hati pada anak-anak usia 5-14 tahun.

"Ini mungkin berhubungan dengan pandemi secara umum, bukan cuma COVID. Seperti dulu pada pandemi influenza, setelahnya ternyata ada kondisi seperti ini, menyerang hati secara misterius. Mereka pun pada saat itu umur 5-14 tahun yang kena. Mirip-mirip, mungkin hal ini bisa dikaitkan dengan pandemi sendiri secara umum," ucap dr Hanifah.

"Bisa saja kurang paparan dengan dunia luar, bisa jadi kurang paparan dengan virus. Kayak kalau pandemi kan di dalam (rumah), padahal biasanya ketemu teman-teman bisa terpapar itu kan secara alami, kalo pandemi di dalam rumah terus gak ketemu. Ini menarik bisa diteliti lebih jauh," sambungnya.

Long COVID sendiri adalah kondisi di mana seorang penyintas COVID-19 masih merasakan gejala penyakit tersebut dalam jangka waktu yang lama, bahkan setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT