ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Mei 2022 05:00 WIB

Round Up

Bye Masker! Jokowi Longgarkan Aturan, Para Pakar Angkat Bicara

Sarah Oktaviani Alam, Nafilah Sri Sagita K, Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Presiden Joko Widodo merapikan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww. Jokowi longgarkan aturan pakai masker (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi pada Selasa (17/5/2022) mengumumkan bahwa kebijakan penggunaan masker mulai dilonggarkan terkait makin melandainya COVID-19. Meski demikian, ada kondisi tertentu yang masih mengharuskan seseorang tetap pakai masker.

Berikut selengkapnya:

Tetap wajib di transportasi umum

Pelonggaran untuk tidak memakai masker hanya berlaku untuk aktivitas di luar ruangan dengan kondisi tidak padat. Selain itu, masih harus pakai masker, terutama di angkutan umum.

"Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Jokowi.

Kelompok rentan masih harus bermasker

Risiko penularan COVID-19 lebih tinggi pada kelompok tertentu seperti lansia dan pengidap komorbid. Kelompok ini masih diharuskan mengenakan masker.

"Bagi masyarakat yang masuk ketegori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid saya tetap menyarankan untuk mengenakan masker saat beraktivitas," beber Jokowi.

Wajib masker jika bergejala

Status vaksinasi COVID-19 tidak menjamin seseorang tidak tertular maupun menularkan penyakit. Karenanya, seseorang yang mengalami gejala tetap wajib mengenakan masker.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," tegas Jokowi.

Tes COVID-19

Pelonggaran lainnya adalah tidak lagi wajib tes COVID-19 untuk perjalanan domestik dan internasional. Syaratnya, sudah vaksinasi lengkap.

"Yang kedua bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen," tandas Jokowi.

Bagaimana nih, yakin mau copot masker sekarang atau masih ragu-ragu? Tinggalkan komentar.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT