ADVERTISEMENT

Senin, 23 Mei 2022 17:31 WIB

Booster Kedua Vaksin COVID untuk Nakes, Perlukah? Ini Pandangan Pakar

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kemenkes mencatat 132.004 orang tenaga kesehatan di Indonesia sudah disuntik virus Corona. Angka itu adalah 22 persen dari total 598.483 Nakes yang akan divaksin. Booster kedua, perlukah? (Foto: Ari Saputra)

Sebelumnya, dokter spesialis penyakit dalam, dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD-KPsi dari Junior Doctor Network Indonesia atau yang akrab disapa 'dr Koko' mengusulkan pemberian vaksin COVID-19 booster kedua untuk para nakes. Pasalnya, antibodi vaksin menurun dalam waktu delapan bulan. Di RI, para nakes mulai diberikan booster pada Agustus lalu, sehingga kini terhitung sudah sembilan bulan berlalu.

"Kita memang sudah memulai vaksinasi booster pertama pada sekitar Agustus tahun lalu dan menurut beberapa penelitian, angka antibodi terhadap COVID yang dipicu oleh vaksinasi itu sudah berkurang sekitar delapan bulan pasca pemberiannya. Ini adalah bulan Mei, di akhir bulan Mei. Maka sekitar 9-10 bulan lalu kita sudah mulai dengan vaksinasi booster pertama," jelasnya.

"Itu sebabnya saya merasa untuk menjaga populasi rentan dalam hal ini dokter dan tenaga kesehatan yang lain agar tetap aman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas dr Koko.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya