Rabu, 25 Mei 2022 07:00 WIB

Perlu Tahu, Ini Pantangan usai Transplantasi Rambut

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Transplantasi rambut Transplantasi rambut (Foto: Suci Risanti Rahmadania/DetikHealth)
Jakarta -

Transplantasi rambut menjadi tren di kalangan masyarakat maupun selebriti untuk mengatasi kerusakan rambut. Bahkan, juga bisa membentuk alis, hairline agar dahi tidak lebar, hingga membentuk janggut.

"Lebih banyak ke arah mengatasi kebotakan. Tren ke arah sini lebih ke estetik, jadi dia membentuk hairline, ingin dahinya supaya ga lebar, mau ada alisnya, mau ada janggutnya," ucap dr Cintawati Farmanina, Mbio (AAM), dokter ahli transplantasi rambut saat ditemui di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).

Namun, sebelum menjalani transplantasi atau cangkok rambut, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan dan dihindari. Hal ini berguna agar treatment yang dijalankan efektif dan bisa membuahkan hasil. Begitu juga dengan setelahnya.

Do's and Don'ts saat Treatment Transplantasi Rambut

dr Cintawati mengungkapkan sebelum menjalani operasi transplantasi rambut, pasien tidak boleh minum kopi, teh, hingga obat pengencer darah. Pasalnya, obat tersebut kemungkinan bisa memicu perdarahan yang terjadi saat operasi.

"Sebelum operasi sebenarnya tidak terlalu riweh ya. Biasanya tidak boleh minum kopi, minum teh, obat pengencer darah selama tiga hari sebelum tindakan. Supaya ketika tindakan dia tidak terjadi bleeding atau perdarahan walaupun sangat jarang sekali terjadi perdarahan pada waktu tindakan, tapi lebih baik dihindarkan," kata wanita yang akrab disapa Farmanina.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Saran dan Pantangan untuk Pasien Implan Rambut"
[Gambas:Video 20detik]