Rabu, 25 Mei 2022 06:17 WIB

Kembali Terpilih, Tedros Adhanom Ghebreyesus Jadi Bos WHO 2022-2027

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali terpilih sebagai Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk periode 2022-2027. Ia merupakan satu-satunya kandidat dalam pertemuan World Health Assembly di Jenewa.

Dalam pertemuan tersebut, Dewan Eksekutif WHO yang terdiri dari para negara anggota sudah mulai menentukan calon sejak tahun 2021. Akhirnya Tedros yang kembali terpilih karena kepemimpinannya dalam mengubah WHO dan menghadapi berbagai kemunculan penyakit mulai dari Ebola, COVID-19, hingga krisis kemanusiaan.

"Saya merasa rendah hati dengan kesempatan yang diberikan oleh Negara-negara anggota untuk menjabat periode kedua sebagai Direktur Jenderal WHO," kata Tedros seperti dikutip dari laman resmi WHO, Rabu (25/2/2022).

Pekerjaan Tedros sebagai Direktur Jenderal WHO periode kedua secara resmi akan dimulai pada 16 Agustus 2022. Posisinya sewaktu-waktu dapat dicopot di tengah masa jabatan sesuai aturan World Health Assembly.

Tedros sendiri pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan dan Menteri Luar Negeri Ethiopia sebelum menjadi Direktur Jenderal WHO. Ia juga pernah memegang jabatan sebagai Ketua Dewan Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria, Ketua Roll Back Malaria, dan Ketua Partnership for Maternal, Newborn and Child Health.

(fds/kna)