ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 11:30 WIB

Hasil PCR Positif COVID-19, Otomatis Gagal Berangkat Haji? Ini Kata Kemenkes

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Almahmudah Manasik Training Center kerap jadi tujuan untuk mempersiapkan diri ke Tanah Suci. Di sana pengunjung diedukasi mengenai cara ibadah haji dan umrah. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI dr Budi Sylvana menyebutkan bahwa syarat wajib jemaah haji tahun ini untuk berangkat ke Arab Saudi adalah hasil tes PCR negatif dan telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap.

Lantas bagaimana jika hasil tes PCR jemaah ternyata positif COVID-19?

Dalam kondisi seperti ini, dr Budi menyebutkan bahwa masih ada kemungkinan jemaah tersebut melaksanakan ibadah haji, namun kloter keberangkatannya ditunda hingga dinyatakan sembuh.

"Jadi gini jemaah yang saat mau pemberangkatan hasil PCR-nya positif dia akan mengalami penundaan keberangkatan. Hasil koordinasi dengan Kementerian Agama rencananya akan diikutkan di kloter selanjutnya setelah sembuh," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/6/2022).

Namun jika sampai waktu keberangkatan terakhir jemaah haji masih belum sembuh, dr Budi menegaskan maka otomatis jemaah tersebut akan batal diberangkatkan dan harus menunggu pemberangkatan tahun selanjutnya.

"Jika sampai hari terakhir dia belum sembuh, jadi otomatis dia gagal berangkat dan akan diberangkatkan tahun depan. Jadi PCR sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi ini peraturan dari Arab Saudi," sambungnya.

Selain itu, syarat swab PCR bisa berlaku lebih panjang dari masa durasi sebelumnya yang awalnya berlaku hanya 48 jam kini menjadi 72 jam.

"Terjadi perubahan syarat masuk Arab Saudi. Jika sebelumnya hasil tes PCR berlaku 48 jam, kini menjadi 72 jam. Calon jemaah yang hasil PCR-nya belum keluar dari 72 jam itu, mungkin tidak akan diberangkatkan. Untuk itu waktu harus diperhitungkan sekali, jangan sampai terlambat mendapatkan hasil tes PCR COVID-19," pungkasnya.

Simak Video 'Besok, 352 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama di Solo Diberangkatkan':

[Gambas:Video 20detik]



(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT