Gaduh Konten Viral Mahasiswi Curhat Pasang Kateter Pasien Pria

ADVERTISEMENT

Round Up

Gaduh Konten Viral Mahasiswi Curhat Pasang Kateter Pasien Pria

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Minggu, 05 Jun 2022 20:24 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Ilustrasi konten viral (Foto: Getty Images/5./15 WEST)
Jakarta -

Seorang mahasiswi keperawatan bikin gaduh melalui konten viral di TikTok. Pihak RSUD Wonosari menyampaikan permintaan maaf secara tertulis yang diunggah melalui akun instagram rumah sakit @rsud_wonosari.

"Menanggapi konten video yang sedang viral di media. Kami menyampaikan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pegawai RSUD," tulis mereka dalam unggahan yang diposting oleh akun instagram @rsud_wonosari.

"Tetapi mahasiswa dari universitas X yang sedang melakukan praktik di RSUD Wonosari. Kejadian ini akan ditindaklanjuti oleh Manajeman RSUD Wonosari. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," sambung mereka.

Kegaduhan bermula dari sebuah potongan video yang memperlihatkan seorang wanita berpakaian perawat bercerita terkait pemasangan kateter terhadap pasien pria. Banyak yang menuding bahwa perilaku wanita tersebut merupakan bagian dari pelecehan seksual.

"Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," demikian tulisan yang tertera dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @AREAJULID

Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengungkapkan bahwa kejadian ini dapat dijadikan pelajaran bahwa pentingnya etika dalam bermedia sosial.

"Organisasi profesi mendapat masukan terkait etika dalam bermedia sosial sebagai bekal ilmu jika telah lulus menjadi perawat," jelas Harif saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

Harif juga menjelaskan bahwa mahasiswa tersebut telah diberikan tindakan dari kampus asal mahasiswa tersebut. Hal ini senada dengan keterangan yang diberikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Unisa Yogyakarta Sinta Maharani.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar bahwa wanita tersebut merupakan mahasiswa Unisa Yogya program profesi nurse," tutur Sinta saat dihubungi detikJateng beberapa waktu lalu.

Tidak hanya menegur mahasiswa tersebut, pihak universitas juga telah menarik mahasiswa yang bersangkutan dari tempat praktik kliniknya.

Mulanya, video tersebut viral setelah diunggah ulang oleh akun Twitter @AREAJULID pada Rabu (1/6/22). Berdasarkan pantauan detikcom per Kamis (2/6/22) video tersebut telah dihapus dari akun TikTok @mauditabok.

Meskipun telah dihapus oleh pihak bersangkutan, potongan video tersebut telah terlanjur tersebar di media sosial Twitter maupun TikTok.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT