ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 09:16 WIB

Penting! 5 Makanan Pemicu Asam Urat yang Harus Dihindari

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Tanda asam urat Makanan pemicu asam urat. Ilustrasi asam urat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Ada beberapa makanan pemicu asam urat yang harus dihindari. Pasalnya, kadar asam urat (uric acid) yang terlalu tinggi di dalam tubuh, bisa memicu rasa ketidaknyamanan hingga membuat pengidapnya susah gerak.

Sebagai informasi, penyakit asam urat umumnya terjadi pada bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, atau tangan. Di beberapa kasus, asam urat juga bisa menyerang bagian tulang belakang.

Dalam kondisi normal, asam urat dapat larut di dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan tersebut yang menyebabkan pembentukan 'kristal' asam urat kecil di persendian, sehingga memicu rasa sakit pada pengidapnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, Senin (6/6/2022), salah satu penyebab asam urat adalah mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa memicu produksi asam urat di dalam tubuh. Lantas, apa saja sih makanan pemicu asam urat? Simak informasi berikut.

Makanan pemicu asam urat

1. Daging merah

Dikutip dari Prevention, reumatologis dan peneliti translasi di UCLA Health, Elizabeth Volkmann, MD, mengungkapkan semua sumber protein hewani cenderung mengandung purin yang tinggi. Salah satu makanan pemicu asam urat yang harus dihindari adalah daging merah.

Pasalnya, selain purin, daging merah juga mengandung lemak jenuh yang dikaitkan dengan asam urat. Begitu juga organ atau jeroan lainnya, seperti lidah, hati, otak, itu harus sangat dihindari.

2. Asparagus, bayam, dan jamur

Sayuran memang bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, beberapa di antaranya harus dikonsumsi secara terbatas, seperti asparagus, bayam, hingga jamur.

Sebab, sayuran-sayuran yang mengandung jumlah purin tinggi ini termasuk makanan pemicu asam urat tinggi di dalam tubuh.

"Kami tidak menganjurkan pasien untuk menghindarinya, tetapi kami merekomendasikan untuk memakannya dalam jumlah sedang," kata Volkmann.

3. Makanan laut atau seafood

Beberapa jenis makanan laut atau seafood juga mengandung purin dalam jumlah yang tinggi. Itu sebabnya makanan pemicu asam urat ini harus dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang kecil.

Adapun beberapa jenis seafood yang sebaiknya hanya dikonsumsi secara terbatas atau dihindari, yaitu lobster, udang, sarden, ikan teri, ikan tuna, kerang, dan mackerel.

4. Makanan mengandung gula tinggi

Makanan pemicu asam urat selanjutnya adalah yang mengandung banyak gula. Misalnya seperti sereal yang manis, roti, permen, minuman manis, dan soda. Disarankan untuk memilih minuman atau makanan manis yang tidak mengandung gula tambahan.

5. Alkohol

Alkohol juga termasuk salah satu minuman dan makanan pemicu asam urat. Beberapa kasus memang melaporkan tidak ada peningkatan risiko usai mengkonsumsi minuman anggur yang tidak terlalu banyak. Namun, sangat disarankan tidak konsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kondisi tubuh.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT