Pakar Sebut Boleh Saja Marah pada Anak, Asal...

ADVERTISEMENT

Pakar Sebut Boleh Saja Marah pada Anak, Asal...

Ayunda Septiani - detikHealth
Selasa, 07 Jun 2022 17:54 WIB
Jakarta -

Orang tua sering kali kelepasan dan marah kepada anak, saat dimana anak tidak menurut dan berbuat ulah.

Tak berselang lama, perasaan bersalah pun menghantui orang tua. Tidak sedikit yang bertanya-tanya, bolehkah kita marah pada anak?

Psikolog klinis anak Ratih Zulhaqqi, SPsi, MPSi, mengatakan pada dasarnya marah pada anak adalah hal yang wajar. Terkadang, orang tua perlu tegas agar anak dapat berperilaku baik dan mematuhi peraturan di rumah.

"Marah itu boleh lho. Tuhan menciptakan emosi marah, kenapa kita tidak boleh mengekspresikan marah. Tapi yang tidak boleh itu marah yang meledak dan memukul anak," kata Ratih dalam program e-life detikcom, Jumat (4/6/2022).

Tak jarang anak marah karena keinginannya tidak dipenuhi oleh orang tua. Terlalu memanjakan anak juga tak baik, oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengajarkan konsekuensi.

Ratih mengatakan tantangan lain yang dihadapi orang tua adalah menjadi tegas namun tetap lembut pada saat yang bersamaan. Artinya, menjadi orang tua yang tegas dalam menerapkan aturan pada anak namun tetap penuh dengan kasih sayang dan menghargai anak.

"Jadi bagaimana mereka tetap bisa membatasi anak, tetap bisa memberikan aturan, tapi penuh dengan kasih sayang. tetap santun, menghargai anak, sehingga anak itu merasa dimanusiakan," bebernya.

"Ini tantangan orang tua di sini. Banyak yang langsung menyerah. Firm and kind at the same time bisa, kalau mau mencoba," pungkas Ratih.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT