ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 18:10 WIB

15 dari 1.000 Orang Indonesia Idap Sakit Jantung, Ini Keluhan Terbanyak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sakit Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penyakit jantung merupakan penyakit dengan biaya kesehatan yang besar. Tiap tahunnya, pengidap sakit kardiovaskular semakin bertambah. Bahkan, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 15 dari 1.000 orang di Indonesia mengidap penyakit kardiovaskular.

Bentuk gangguan yang dialami pasien beragam. dr Ayunda Shinta dari RS Jantung Jakarta yang baru-baru ini membuka Poliklinik Griya Kardia mengatakan yang paling sering adalah masalah pembuluh koroner hingga problem mengenai katup jantung.

"Sementara untuk infeksi dan kelainan bawaan lahir yang paling kerap menjadi masalah adalah sekat yang bocor dan katup tidak terbuka," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/6/2022).

Pengidap sakit jantung cenderung lebih mudah lelah. Apalagi, kebanyakan pasien jantung adalah pasien usia lanjut usia. Karenanya, sudah dipertimbangkan pelayanan (termasuk pendaftaran hingga semua pemeriksaan penunjang jantung) sebaiknya dilakukan dalam satu lantai.

"Apalagi pasien jantung adalah pasien yang secara rutin kontrol ke poli dokter spesialis untuk memeriksakan kondisi kesehatannya bulan demi bulan," kata dr Ayunda.

Selain pelayanan satu lantai, dr Ayunda menyorot pentingnya alat yang memadai untuk layanan kesehatan seperti electrocardiography, echocardiography, rehabilitasi medis, cardiac catherication, dan cardiac intervention. dr Ayunda menekankan pelayanan ini sudah cukup lengkap untuk pasien jantung.

(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT