ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 06:30 WIB

Fakta-fakta Corona RI Ngegas Lagi, Bakal Seperti Singapura?

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
PPKM DKI Jakarta Tetap Level 2, Ini Aturan yang Berlaku COVID-19 RI ngegas lagi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Apakah Akan Ada Gelombang Baru Seperti Singapura?

Baru-baru ini, Singapura tengah mewaspadai gelombang baru Omicron karena munculnya subvarian Omicron yaitu BA.4 dan BA.5.

Dicky Budiman, pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, berpendapat bahwa potensi gelombang baru seperti Singapura akan sulit dihindari jika Indonesia tidak memiliki 'modal kuat'.

"Kemungkinan gelombang khusus BA.4 BA.5 ini karena kita harus melihat landscape imunitas kita yg terbangun, dan ini tidak bisa hanya melihat dari (imunitas) yang sudah pernah terinfeksi, ini harus melihat pada status berapa orang yang sudah dibooster, dosis ketiga pesan pentingnya," tegas dia.

Modal yang ia maksud adalah vaksinasi booster yang, menurutnya, menjadi kriteria wajib vaksin lengkap di tengah era Omicron.

Dicky mengatakan bahwa kelompok rawan, seperti lansia, menjadi kelompok prioritas vaksinasi booster. Menurut perhitungannya, seharusnya, 70 persen dari populasi rawan dan 50 persen populasi umum Indonesia sudah harus divaksinasi booster.

"Jika itu terpenuhi, kondisi relatif aman, artinya potensi kematian, potensi orang masuk RS karena bergejala parah dan masuk ICU itu menjadi lebih kecil,"

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT