ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 13:00 WIB

Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Masuk DKI, Kelompok Ini Paling Rentan Terinfeksi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Perbedaan Omicron dan Delta penting untuk diketahui. Saat ini, varian omicron tengah melanda Indonesia. Kemenkes pun memberi peringatan hingga wanti-wani. Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Di Indonesia sudah ditemukan delapan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Saat ini terdeteksi di Bali dan DKI Jakarta, empat di antaranya merupakan kasus transmisi lokal, sedangkan sisanya merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Adapun dari delapan kasus tersebut, dua di antaranya terinfeksi BA.4. Sedangkan enam kasus lainnya terinfeksi subvarian Omicron BA.5.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menyebut subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 kemungkinan lebih cepat menyebar dibandingkan BA.1 dan BA.2. Begitu juga subvarian Omicron ini kemungkinan lolos dari perlindungan kekebalan yang disebabkan oleh infeksi varian Omicron.

Meskipun demikian, tidak ada indikasi menyebabkan gejala yang lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya.

"Memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibanding Omicron sebelumnya, BA.1 dan BA.2. Kemudian tingkat keparahannya disampaikan tidak ada indikasi menyebabkan kesakitan yang lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya," terang dia, dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/6/2022).

"Ini memiliki kemungkinan dia bisa menghindar, lolos dari perlindungan yang sudah ada pada seseorang yang sudah divaksinasi ataupun melalui kekebalan alamiah yang didapat," ucapnya.

Lantas, siapa saja yang mudah terinfeksi?

Dalam kesempatan yang berbeda, dr Adria Rusli, SpPK dari RSPI Sulianti Saroso, menjelaskan bahwa orang-orang yang mudah terinfeksi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 adalah mereka yang memiliki imunitas rendah hingga mengidap komorbid atau penyakit bawaan. Oleh karenanya, mereka mudah sekali terinfeksi, baik lanjut usia sampai anak-anak.

"Tentunya orangnya itu kalau gampang terinfeksi adalah orang-orang yang imunnya rendah, orang-orang yang punya komorbid, jadi mudah sekali untuk terkena karena dia imunitasnya rendah. Itu pada orang-orang pada usia tua, anak-anak, atau orang yang punya penyakit kronik, seperti itu," tuturnya dalam acara podcast Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Senin (13/6/2022).

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT