ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 21:00 WIB

Viral Lagi Rumor Putin Sakit, Tubuhnya Disebut Terlihat Gemetar-Berjuang Berdiri

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rusia merayakan hari kemenangan atas Nazi Jerman pada 1945. Perayaan yang dimeriahkan dengan parade militer itu juga dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: Mikhail Metzel, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Jakarta -

Rumor soal kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menjadi perbincangan setelah dirinya terlihat dalam kondisi kurang sehat pada sebuah acara. Dikutip dari Daily Star, Selasa (14/6/2022), Putin terlihat tengah menghadiri sebuah acara penghargaan untuk seorang sineas Rusia bernama Nikita Mikhalkov pada hari Minggu (12/6).

Dalam acara tersebut Putin terlihat berusaha menahan dirinya untuk terus berdiri tegak sambil lengannya terlihat berayun ke depan dan ke belakang berulang-ulang. Dia juga terlihat menggoyangkan kakinya dalam gerakan yang tampak dari sisi ke sisi beberapa kali.

Para ahli yang mengamati perilaku Putin selama beberapa bulan terakhir juga telah memperhatikan pemimpin Rusia itu yang sering dengan aneh memutar-mutar kakinya sambil duduk. Kondisi ini dihubungkan sebagai tanda kesehatan Putin yang sedang terganggu.

Pada bulan Mei lalu, Putin sempat disebut tengah mengidap kanker, mengidap penyakit parkinson, hingga diisukan meninggal dunia.

Bahkan seorang perwira intelijen Rusia menyebut masa hidup Presiden Rusia Putin kemungkinan tersisa tiga tahun akibat penyakit kanker yang diidapnya.

Menurut Agen Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), penglihatan Presiden Rusia Vladimir Putin benar-benar mengalami perburukan yang serius, sehingga harus melihat kalimat dengan tampilan yang cukup besar. Putin juga terlihat sering gemetar ketika menghadiri beberapa acara.

"Dan tubuhnya sekarang juga gemetar tak terkendali," kata agen FSB yang tidak disebutkan namanya.

Menanggapi desas-desus kesehatan Putin, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga sempat membantah kabar itu pada bulan Mei.

Sergey menegaskan bahwa tidak ada tanda-tanda Putin sedang sakit, meski kehidupan pribadi dan kondisi kesehatan orang nomor satu di Rusia itu, jarang dibahas. Bahkan Putin masih beraktivitas setiap hari.

"Saya merasa orang waras bisa melihat bahwa tidak ada tanda-tanda (Putin) sakit. Kalian bisa melihatnya di layar kaca dan mendengarkan pidatonya," kata Sergey dalam komentar yang dirilis Kementerian Luar Negeri Rusia.

Hingga saat ini belum ada laporan resmi terkait kondisi kesehatan Vladimir Putin yang dikeluarkan oleh pemerintah Rusia.



Simak Video "Legalisasi Ganja Medis Demi Sang Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT