ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 12:40 WIB

Kemenkes Ungkap Kondisi 20 Pasien BA.4 dan BA.5 di RI, 1 Orang Sesak Napas

Vidya Pinandhita - detikHealth
Total jumlah pasien yang terkonfirmasi positif akibat virus corona pada hari ini menjadi 4.667.554 orang. DKI Jakarta jadi penyumbang kasus terbanyak. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI membeberkan kondisi pasien COVID-19 BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Disebutkan, rata-rata pasien bergejala ringan. Akan tetapi, ada satu pasien berusia 20 tahun yang mengalami gejala sesak napas. Seperti apa kondisinya?

"Kemarin 4 itu di Bali, kemudian 4 lagi di DKI. Kemudian ada tambahan tanggal 12 kemarin 12 orang dengan BA.5 dari Jawa Barat. Tapi semuanya saat ini semua pasien sudah selesai isolasi mandiri dan sudah dinyatakan sembuh," terang juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam siaran langsung 'Awas, Omicron Kembali Mengintai Indonesia', Kamis (16/6/2022).

"Rata-rata semuanya bergejala ringan kecuali satu orang umur 20 tahun perempuan di Jakarta, memang ada keluhan sesak napas sehingga dia dikategorikan masuk kategori sedang. Alhamdulillah hari ini sudah dipulangkan dan sudah sembuh," sambungnya.

Syahril memaparkan, dari total 12 pasien COVID-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, tiga di antaranya adalah anak-anak berusia kisaran lima sampai 12 tahun.

"Dari 20 orang ini, tiga orang yang anak-anak. Itu di atas 5-12 tahun 3 orang, lainnya sudah masuk dewasa. Semuanya sudah vaksinasi ya. Ada yang sudah booster ada yang belum," beber Syahril.

Lebih lanjut menurutnya, pemerintah terus mengupayakan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk memastikan jenis varian Corona pada pasien COVID-19 di Indonesia kini. Khususnya, di lima provinsi dengan tingkat kasus paling tinggi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kita saat ini masih menunggu kajian dan pemeriksaan memastikan pasien-pasien yang saat ini COVID-19 positif itu masuk subvarian BA.4 ataupun BA.5," pungkas Syahril.

Simak Video 'Menkes Prediksi Puncak BA.4 dan BA.5 Capai 20 Ribu Kasus Per Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT