Kamis, 16 Jun 2022 13:49 WIB

BA.4 dan BA.5 Masuk RI, Tes PCR Antigen Bakal Berlaku Lagi untuk PPLN?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah penumpang pesawat berjalan sambil membawa barangnya setibanya di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (7/5/2022). PT Angkasa Pura II mencatat pada H+4 lebaran sebanyak 79.763 penumpang tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan 464 pergerakan pesawat. ANTARA FOTO/Fauzan/tom. Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/FAUZAN
Jakarta -

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diisukan masuk ke Indonesia dari luar negeri karena ada pelonggaran di pintu masuk. Hal ini berawal dari temuan konfirmasi kasus pada beberapa warga negara asing (WNA) yang ada di Bali.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan akan ada peningkatan kewaspadaan di pintu masuk bandara dan pelabuhan. Sebelumnya Indonesia diketahui sudah tidak lagi mewajibkan tes antigen dan PCR bagi para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang sudah divaksinasi lengkap.

"Memang ada kebijakan untuk pertemuan internasional, termasuk yang di Bali, dilakukan tes antigen. Bila kemudian positif tes PCR," kata Syahril dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube FMB9ID_ IKP, Kamis (16/6/2022).

"Untuk pelaku perjalanan luar negeri secara umum, itu diimbau adanya kewaspadaan di seluruh pintu-pintu masuk. Karena seperti yang sudah disebutkan kategori pasien ini sulit juga karena kadang tidak bergejala atau ringan," lanjutnya.

Syahril mengatakan Kantor kesehatan Pelabuhan yang sudah diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. Hanya saja bagaimana kewaspadaan atau pengawasan terhadap PPLN ditingkatkan tidak dijelaskan lebih rinci.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)