ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 19:00 WIB

Omicron BA.4 dan BA.5 Lebih Cepat Menular, Inikah Penyebabnya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Different colors of the spike proteins symbolize different mutations. Coronavirus pattern on dark blue background. The pale viruses are different in size. Foto: Getty Images/iStockphoto/i-am-helen

Namun begitu, orang-orang dengan kondisi tersebut tetap bisa menginfeksi orang lain. Walhasil, penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker tetap diperlukan dalam menyikapi mudahnya penularan BA.4 dan BA.5.

"Tapi harus disadari, mereka itu terinfeksi dan bisa menyebabkan orang di sekitarnya terinfeksi juga atau tertular ketika dia tidak menerapkan pola perilaku yang mengurangi potensi penyebaran seperti tidak memakai masker, aktivitas mobilitas tinggi tanpa mempedulikan keramaian, lebih banyak di indoor dan sebagainya," jelas Dicky.

"Ditambah ketika upaya pemerintah tidak memadai dalam melakukan deteksi mengurangi potensi penyebaran dengan minimnya testing juga pelonggaran yang berlebihan. Ini yang bisa menyebabkan jumlah kasus COVID-19 meningkat akibat kehadiran BA.4 dan BA.5," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT