ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 11:00 WIB

Alumni Omicron Masih Bisa Kena BA.4 dan BA.5, Begini Penyebabnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
RSD Stadion Patriot Candrabhaga kembali tampung pasien COVID-19 di Bekasi. Per tanggal 9 Februari 2022, RSD Stadion Patriot telah terisi 13 pasien COVID-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Seiring kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia kini, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diyakini bisa menginfeksi orang yang sudah divaksin COVID-19 atau mereinfeksi orang yang sudah pernah terpapar varian Omicron sebelumnya. Apa penyebabnya?

"Dia (BA.4 dan BA.5) jauh lebih fit, lebih mudah menginfeksi karena dia mengambil mutasi dari Delta yang bisa membuat dia mudah terikat di reseptor ACE 2 yang L452 itu," terang epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, pada detikcom Kamis (16/6/2022).

"Kemudian dia ada mutasi F486 V yang membuat dia sangat lincah menghindar dari respons imunitas, antibodi. Akhirnya bisa menurunkan efikasi jauh lebih efektif dibandingkan subvarian lain dalam menyiasati antibodi yang terbentuk entah dari infeksi maupun vaksinasi," sambungnya.

Menurutnya, kombinasi mutasi tersebutlah yang menyebabkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mudah bersirkulasi, bahkan di negara-negara dengan tingkat imunitas memadai dari gelombang Corona sebelumnya.

"Kombinasi inilah yang menyebabkan dia mudah bersirkulasi di tengah negara-negara yang juga punya modal imunitas yang sudah jauh lebih baik dibandingkan ketika ada Delta dan sebelumnya, atau pun sudah mendapat cakupan vaksinasi yang memadai," jelas Dicky.

"BA.4 dan BA.5 ini bisa juga melakukan infeksi ulang. Orang yang sudah terinfeksi oleh varian atau subvarian sebelum nya bisa terinfeksi, mudah terinfeksi," lanjutnya.

NEXT: lalu apa manfaatnya kalau sudah vaksin?

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT