ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 06:02 WIB

Awas! Jangan Abaikan Kesemutan yang Seperti Ini, Bisa Jadi Penyakit Serius

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Close up beautiful business woman legs pain because wearing high heel all day. Female pain with ankle because walk too much. Massaging legs. Kesemutan yang seperti ini bisa jadi penyakit serius (Foto: Getty Images/iStockphoto/chanakon laorob)

"Dan pada tahap lanjut kalau kena sistem motoriknya maka akan terjadinya sulit untuk bergerak, kaki/tangan terasa nyeri, kehilangan keseimbangan, kadang-kadang terjadi sakit kepala dan berat badan bertambah, respon otak melambat, sering buang air kecil, atau mengeluarkan keringat berlebih oleh karena gangguan pada sistem saraf otonomnya," pungkas dr Hakim.

dr Hakim juga menyebut sekitar 55 persen pasien neuropati datang dengan keadaan berat saat berobat ke rumah sakit. Hanya sekitar 19 atau 26 persen yang datang dalam keadaan ringan sampai sedang. Hal ini tentunya akan menjadi masalah lantaran neuropati yang semakin berat, semakin sulit pula untuk diatasi.

"Oleh karena itu, banyak pasien-pasien neuropati baru akan datang terdata di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan pada tahapan lebih lanjut. Data bahwa 55 persen pasien neuropati datang dengan keadaan berat. Hanya sekitar antara 19 sampai 26 persen datang dalam keadaan ringan sampai sedang," imbuh dr Hakim.

Tentunya ini akan menjadi masalah. Karena neuropati semakin berat semakin sulit untuk diatasi," sambungnya lagi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT