ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 18:30 WIB

Kemenkes Beberkan Cara Penularan Cacar Monyet, Sudah Ada 3.335 Kasus di Dunia

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Male doctor holding monkeypox vaccine. Cara penularan cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/kemalbas)
Jakarta -

Ada sejumlah cara penularan cacar monyet yang perlu diwaspadai masyarakat. Pasalnya, penyakit zoonosis ini tak hanya menular dari hewan ke hewan, tetapi juga bisa ke manusia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) dr Mohammad Syahril, menjelaskan bahwa cacar monyet sejauh ini tercatat sekitar 3.335 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia, beberapa di antaranya berasal dari negara non-endemis.

"Nah memang baru sejak 13 Mei 2022, beberapa negara non-endemis melaporkan (monkeypox) ada 28 negara. Apakah itu dari Eropa, Amerika, Australia, dan terakhir kemarin di Singapura," tuturnya tuturnya dalam konferensi pers virtual terkait 'Update Penanganan COVID-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia', Jumat (24/6/2022).

"Ini kasus di dunia saat ini ada 3.335, suspectnya 298, dan yang sudah disingkirkan sebanyak 117 ya," sambungnya.

dr Syahril menjelaskan bahwa masa inkubasi cacar monyet atau waktu infeksi hingga muncul gejala kurang lebih sekitar 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari. Lantas, seperti apa cara penularan cacar monyet? Berikut informasinya.

Cara Penularan Cacar Monyet

Dalam kesempatan yang sama, dr Syahril juga membeberkan sejumlah cara penularan cacar monyet. Adapun caranya sebagai berikut.

Hewan ke Manusia

  • Kontak langsung dengan darah (monyet, tikus tupai)
  • Cairan tubuh
  • Lesi kulit atau lesi mukosa dari hewan yang terinfeksi
  • Daging hewan liar yang terinfeksi (bush meat) juga dapat menjadi rute penularan penyakit

"Jadi monkeypox ini bisa menular dari hewan ke hewan, ini ada kera, ada tupai. Kemudian juga dari hewan ke manusia. Kalau dari hewan ke manusia, penularannya memang tetap ada kontak langsung kepada hewan yang memang sedang ada cacar monyetnya. Melalui cairan tubuh terutama yang ada cacarnya di sekitar muka, di tangan, atau di badan, kalau mengenai kita itu bisa jadi sumber penularan," ucap dr Syahril.

"Termasuk daging hewan tersebut yang tidak dimasak secara matang, maka ini juga menjadi suatu sumber penularan ke manusia," sambungnya.

Manusia ke Manusia

Sedangkan cara penularan cacar monyet dari manusia ke manusia, seperti:

  • Kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau muka
  • Saluran napas. Kontak erat dalam waktu yang lama atau terjadi droplet, maka bisa menjadi sumber penularan
  • Inokulasi, seperti melalui mikrolesi pada kulit, trauma, gigitan, dan goresan
  • Penularan ibu ke bayi melalui plasenta

"Nah sedangkan manusia ke manusia, kontaknya bisa melalui darah, cairan tubuh, atau cacar-cacar yang ada di muka, di mulut, di tangan, maupun di badan. Itu kalau kontak langsung. Juga ada yang melalui saluran napas. Jadi kalau dia berhubungan lama atau terjadi droplet, maka itu bisa jadi sumber penularan. Dan juga ada penularan dari ibu ke bayi yang melalui transmisi atau plasentanya," ucapnya lagi.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT