ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 06:00 WIB

Round Up

Sering Nongkrong Sama yang Suka Ngevape, Gadis Ini Jadi Kena Radang Paru

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Viral wanita di TikTok mengeluhkan sesak napas usai sering keluar malam dan terkena paparan vape. Belakangan diketahui terdiagnosis radang paru. Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Viral gadis 18 tahun asal Cirebon mengidap radang paru usai terbiasa terkena paparan rokok dan vape. Adalah Juliana Permatasari, yang bercerita sempat mengira gejala sesak napasnya muncul karena kelelahan dan terlalu banyak beraktivitas.

"Please jangan suka kena angin malam, sama terlalu lama di sekitar lingkungan yang banyak orang ngerokok/ngevape," kata dia dalam akun TikToknya.

"Aku jadi sakit radang paru-paru yang disebabkan infeksi bakteri. Tapi, karena sering berada di lingkungan yang merokok dan keluar malem, sama pola hidup nggak sehat. Jadi aku ngejalanin rawat jalan selama 6 bulan ya," sambungnya.

Kepada detikcom, Julia bercerita gejala sesak sudah mulai dirasakan awal tahun ini.

"Januari 2022 itu aku suka sesak napas setiap mau tidur, aku kira mungkin kecapean, karena punya riwayat typus juga jadi kalau kecapekan banget, badan aku langsung demam, sama telapak tangan terasa kebakar gitu," cerita Julia kepada detikcom, Kamis (23/6/2022).

Keluhan sesak napas tak kunjung membaik dan selalu muncul di malam hari saat ingin tidur, Julia akhirnya dibawa sang ibu untuk memeriksakan diri ke RS. Sang dokter kala itu mendiagnosis infeksi radang paru, dengan menunjukkan titik-titik hitam dalam hasil rontgen bagian paru-paru.

"Dan ini aku nggak pernah ngerokok atau ngevape, cuma ya memang aku sering main sama teman-teman yang ngevape sih," kata dia.

Simak juga video 'Rokok Elektrik Vs Rokok Konvensional, Mana yang Lebih Berbahaya?':

[Gambas:Video 20detik]



NEXT: Risiko Paparan Asap Vape

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT