ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 06:00 WIB

Round Up

Sering Nongkrong Sama yang Suka Ngevape, Gadis Ini Jadi Kena Radang Paru

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Viral wanita di TikTok mengeluhkan sesak napas usai sering keluar malam dan terkena paparan vape. Belakangan diketahui terdiagnosis radang paru. Foto: Tangkapan layar: SS Viral

Dokter kala itu menyebut penyebab radang paru diakibatkan Juliana sering terkena angin malam dan paparan rokok konvensional maupun elektrik. Karenanya, dokter menyarankan Juliana untuk memperbaiki pola hidup serta pola makan.

Ia juga diketahui memiliki riwayat sakit maag yang diyakini menjadi salah satu pemicu rasa sesak napas kerap muncul, hingga terdiagnosis radang paru.

Juliana menggambarkan, rasa sesak napas yang dialaminya amat menyiksa. "Sampai sekarang aku tiap malam susah tidur karena pernapasannya susah, nyiksa banget kaya aku harus tarik napas panjang tapi itu bikin sakit," ceritanya.

Ia berpesan agar siapapun mulai menjalani pola hidup sehat demi mencegah risiko serupa seperti yang dialaminya. Juliana juga berharap banyak orang berhenti merokok dan vape lantaran dampak yang ditimbulkan juga bisa berbahaya bagi yang menghirup asap.

Dijelaskan oleh ahli paru dr Agus Dwi Susanto SpP(K) mengatakan uap vape mengandung banyak partikel yang sifatnya iritatif. Paparan jangka panjang bisa memunculkan masalah kesehatan serius. Menurut dr Agus paparan uap vape bisa mengakibatkan berbagai risiko kesehatan, seperti:

  • Asma
  • Tuberculosis (TBC)
  • Pneumonia
  • Kanker Paru

"Sama seperti asap rokok konvensional, uap rokok elektrik juga mengandung partikel-partikel halus yang sifatnya iritatif dan bisa menyebabkan iritasi di saluran napas atas dan bawah," beber dr Agus kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Baik rokok konvensional maupun vape memiliki efek buruk bagi kesehatan karena keduanya tetap menghasilkan asap atau uap rokok yang bisa meningkatkan risiko kanker paru.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT