ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 14:30 WIB

Vaksin Merah Putih Unair Sudah Hampir Jadi, Dikasih Nama Apa? Ini Usul BPOM

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vaksin Merah Putih adalah vaksin buatan Indonesia. Vaksin Merah Putih merupakan wujud kemajuan dan kemandirian bangsa dalam penanganan virus COVID-19. Ilustrasi vaksin Merah Putih. (Foto: Dok Humas Unair)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 Merah Putih Universitas Airlangga resmi masuk uji klinis fase III. Penelitian fase III diharapkan rampung dalam enam bulan, dengan mendapatkan data awal dua bulan setelah riset dilakukan.

Sejauh ini, tidak ditemukan efek samping serius pada penerima vaksin Merah Putih di uji klinis Fase I dan fase II. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito berharap data penelitian uji klinis fase III bisa didapatkan dalam waktu cepat. Penny juga berharap vaksin COVID-19 Unair bisa didaftarkan secara internasional.

"Harapan kami juga vaksin ini bisa didaftarkan dalam WHO emergency use listing (EUL) kemudian nanti juga tentunya ke depan tidak hanya menjadi alternatif vaksin COVID-19 pilihan di Indonesia, tapi juga menjadi produk ekspor mungkin," jelas Penny, dalam konferensi pers Kick Off Uji Klinik Fase 3 Vaksin Merah Putih, Senin (27/6/2022).

"Jadi kami menunggu untuk proses registrasi nanti dengan data-data yang baik untuk mungkin dengan nama yang kami mintakan kepada bapak Presiden, mungkin untuk mendapatkan nama yang lebih universal sehingga bisa diingat dengan baik apabila menjadi produk ekspor, di negara lain mendapatkan EUA juga," terang dia.

Vaksin COVID-19 Unair yang bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceutical memulai mendapatkan isolat 12 Mei 2020, dan melanjutkan fase uji klinis II 27 Maret 2022. Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lucia Rizka Andalusia menyebut vaksin Merah Putih ditargetkan untuk menjadi vaksin booster dan vaksin COVID-19 anak.



Simak Video "Peneliti Beberkan Kemampuan Vaksin Merah Putih Melawan Varian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT