ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 10:34 WIB

Lagi Nge-hype Main Pesan Anonim NGL Instagram, Ini Dos and Don'ts Ala Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi Instagram Pesan psikolog untuk pengguna Instagram yang tertarik ikutan bermain Not Gonna Lie (NGL). Foto: shutterstock
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

3. Don'ts: Bawa ke Hati

Mengingat fitur NGL ini halah permainan 'seru-seruan', Sari mengingatkan para pengguna untuk tidak membawa ke hati pesan-pesan yang menyakiti perasaan. Apalagi pada tren ini, pengirim pesan bisa menyampaikan pendapat dan pertanyaannya tanpa diketahui identitasnya sehingga ungkapan pengirim tak bisa dikendalikan atau diprediksi oleh penerima pesan.

"Apabila ada sesuatu yang memantik perasaan kurang nyaman, lebih baik tidak didalami atau diselamin lebih jauh. Jadi tidak perlu banyak balas-balasan atau take it personally di media sosial secara berlebih. Namanya saja media sosial. Anda dapat pertanyaan bebas, jawab apa juga bebas. Tidak semua harus sungguh-sungguh sesuai dengan diri Anda," beber Sari.

"Bermedia sosial lah dengan bijak. Yang dianggap permainan, permainan. Untuk cari informasi, cari informasi," sambungnya.

4. Don'ts: Menelan Semua 'Makanan'

Teakhir Sari mengingatkan, permainan NGL ini merupakan bagian dari trik promosi Instagram. Dengan begitu, pengguna sebagai konsumen tidak wajib mengikuti arus tren yang ada. Jika merasa tidak nyaman dengan tren tersebut, pengguna boleh memutuskan untuk tidak ikut bermain tren NGL.

"Sama seperti kita mau makan, konsumsi makanan. Nggak harus semua makanan yang lagi ngetrend kita makan. Kalau itu membuat kita tidak nyaman (seperti) keselek kek, kepedasan kek, ya sudah mau terus makan supaya tetap ngetren atau mau berhenti? Boleh kok," ungkapnya.

"Tidak membuat kamu menjadi kudet. Masih ada mainan lain, masih ada fungsi lain Instagram-nya. Masih ada makanan lain ibaratnya," pungkas Sari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/naf)
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT