ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 15:31 WIB

4 Pantangan Saat Kirim Pesan Anonim di NGL Instagram Menurut Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cheerful young woman holding smartphone and her hand with shocked amazed for success or get good news over isolated yellow background. Ilustrasi penjelasan psikolog tentang hal-hal yang perlu dihindari ketika ingin mengirim pesan anonim di Not Gonna Lie (NGL) Instagram. Foto: Getty Images/iStockphoto/kaew6566
Topik Hangat Tren Pesan Anonim
Jakarta -

Kini pengguna Instagram berbondong-bondong membagikan pesan dan pertanyaan yang diterimanya dari anonim lewat aplikasi Not Gonna Lie (NGL). Namun seiring banyaknya pesan kocak, ada juga pengguna Instagram yang malah menerima ungkapan ejekan.

Psikolog Anastasia Sari Dewi, founder pusat konsultasi Anastasia and Associate mengingatkan tren NGL di Instagram adalah permainan seru-seruan. Namun begitu, penting untuk bersikap selektif dalam menyampaikan pesan dan pertanyaan pada orang yang membuka ruang NGL agar tidak menimbulkan sakit hati.

"Pertama, anggap ini permainan. Surat kaleng seru-seruan, dan ini sifatnya mengajukan pertanyaan. Karena ini tujuan awalnya dibikin adalah untuk seru-seruan, maka pertanyaannya juga yang sifatnya ringan. Bukan menyangkut topik tertentu," ujar Sari pada detikcom, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut, Sari menjabarkan topik-topik yang perlu dihindari ketika hendak mengirimkan pertanyaan pada orang lain di NGL:

1. SARA

Pertama, Sari menegaskan penting untuk tidak menyampaikan pertanyaan yang menyinggung SARA (Seks, agama, ras, dan antargolongan). Bersamaan dengan itu, topik menyangkut hidup personal juga sebaiknya dihindari lantaran tak tepat dibicarakan di depan publik layaknya pada NGL di Instagram.

"Kalau pertanyaan-pertanyaan SARA, kemudian personal life yang dia pernah alami, padahal kamu sebagai si penanya tahu cuma ingin menguji atau membuat dia menjawab mempermalukan diri di depan publik," ujar Sari.

"SARA, status sosial ekonomi, ini dihindari. Topik-topik sensitif seperti preferensi seksual mungkin yang personal dan intim, ini juga perlu dihindari karena tidak perlu dibahas secara sosial. Ada topik-topik yang namanya personal, mungkin kalau kalian ngobrol berdua ya boleh silakan. Tapi kalau untuk diketahui publik bersama-sama, saya rasa ini lebih baik dihindari," sambungnya.

2. Orang Tua dan Anak

Selanjutnya, Sari menyarankan pengirim pesan untuk menghindari topik terkait orang tua dan anak, terutama ketika pesan tersebut bermuatan penilaian tertentu, Sari mengingatkan, penting untuk menerapkan empati dalam bermain NGL di Instagram.

"Jangan bahas tentang orangtua dan anak dalam konteks yang negatif. Misalkan anaknya atau orang tuanya menurut penilaianmu kurang dari segi tertentu. Nggak usah diungkap di situ. Kembali lagi, lakukan empati," terang Sari.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT