ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 15:31 WIB

4 Pantangan Saat Kirim Pesan Anonim di NGL Instagram Menurut Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cheerful young woman holding smartphone and her hand with shocked amazed for success or get good news over isolated yellow background. Ilustrasi penjelasan psikolog tentang hal-hal yang perlu dihindari ketika ingin mengirim pesan anonim di Not Gonna Lie (NGL) Instagram. Foto: Getty Images/iStockphoto/kaew6566
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

3. Ungkapan Kasar

Meski identitas pengirim pesan dalam NGL tersembunyi, Sari mengingatkan pengguna NGL untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan.

"Jangan sampai lupa kaidah norma dan sopan santun. Walaupun kita di media sosial dan walaupun kita tidak menampilkan nama. Bahasa kasar juga sebaiknya dihindari meskipun anonim," jelas Sari.

4. Ungkapan Mengancam

Terakhir Sari mengingatkan, hindari ungkapan yang mengancam dalam menyampaikan pertanyaan dan pesan di NGL Instagram. Jangan sampai, 'seru-seruan' NGL justru menjadi ruang tidak sehat dan memicu masalah berkepanjangan.

"Sebenarnya sama seperti konteks komunikasi pada umumnya, hanya saja dengan tidak dicantumkan nama seringkali orang merasa bebas, lepas dari tanggung jawab dan boleh mengutarakan apa pun," beber Sari.

"Ini menjadi sudah bukan seru-seruan lagi seperti konteks awalnya. Ini menjadi sudah ajang menyerang sehingga menjadi tidak sehat dan malah menimbulkan konflik yang berkepanjangan," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)
Topik Hangat Tren Pesan Anonim

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT