Kenali Gejala Umum Omicron Varian Baru & Cara Mencegah Penularannya

ADVERTISEMENT

Kenali Gejala Umum Omicron Varian Baru & Cara Mencegah Penularannya

Sponsored - detikHealth
Jumat, 01 Jul 2022 07:00 WIB
Ilustrasi mencegah COVID-19.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi subvarian baru COVID-19 Omicron BA.4 dan BA.5 telah terkonfirmasi masuk ke Indonesia pada awal Juni 2022 ini. Dua subvarian COVID-19 ini memiliki daya penularan yang tinggi. Selain itu, masa inkubasi virus ini hanyalah selama 3 hari saja sampai timbulnya gejala.

Karena penularannya yang cepat, masyarakat perlu mengetahui ciri virus ini dan mewaspadai gejalanya. Berikut beberapa gejalan umum Omicron BA.4 dan BA.5.

- Batuk: 89%

- kelelahan: 65%

- Hidung tersumbat atau rinore: 59%

- Demam: 38%

- Mual atau muntah: 22%

- Sesak nafas: 16%

- Diare: 11%

- Anosmia: 8%

Para peneliti masih terus menyelidiki karakteristik subvarian Omicron BA.5, termasuk tingkat penularan virus dan keparahan penyakit yang ditimbulkannya. Ada beberapa temuan awal dari kasus infeksi subvarian omicron BA.5 yang berhasil dikumpulkan terkait tingkat keparahan penyakit dan kemampuan vaksin COVID-19, antara lain infeksi subvarian Omicron BA.5 mampu melawan sel-sel imun dari orang yang tidak divaksinasi tetapi pernah terinfeksi virus Corona varian Omicron.

Selain itu, diketahui vaksinasi booster bisa memberikan perlindungan yang cukup terhadap subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada subvarian Omicron sebelumnya. Adapun vaksin COVID-19 yang dikhususkan untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai subvarian Omicron, termasuk BA.4 dan BA.5, masih terus dikembangkan.

Sejauh ini masih bisa disimpulkan belum ada perubahan tingkat keparahan penyakit yang signifikan bila dibandingkan dengan subvarian Omicron sebelumnya.

Untuk menghindari penularan Omicron BA.4 dan BA. 5, masyarakat dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

Sesuai dengan prinsip protokol kesehatan umum, selalu jaga jarak aman dari orang lain (minimal 1 meter), kenakan masker di ruang publik (teruma di dalam ruangan), dan cuci tangan secara rutin.

2. Memperbaiki Sirkulasi Udara

Sebaiknya pilih ruang terbuka dan berventilasi baik. Buka jendela jika berada di dalam ruangan sehingga risiko penyebaran virus lewat udara bisa ditekan.

3. Segera Dapatkan Vaksinasi

Ikuti vaksinasi COVID-19 sesuai anjuran pemerintah dan ikuti panduan setempat terkait vaksinasi. Penuhi vaksinasi lengkap 2 dosis, plus satu dosis booster untuk mendapatkan kekebalan yang baik.

4. Jangan Abaikan Gejala

Jika mengalami sakit dengan gejala yang identik dengan COVID-19, segera lakukan isolasi mandiri dan periksa ke fasilitas kesehatan. Gunakan masker medis saat sakit. Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan atau tisu. Jika tidak ada kepentingan mendesak, jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk memperkuat kekebalan tubuh, pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan multivitamin seperti vitamin C, vitamin D, dan Zinc yang terbukti mampu membantu meningkatkan imun terutama dalam menghadapi Omicron subvarian baru.

Mengonsumsi suplemen Samcorbex dengan kandungan vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian dan juga aman untuk lambung. Tak hanya itu, di dalam Samcorbex juga terdapat kandungan B complex yang dapat berfungsi menjaga daya tahan tubuh serta membantu mengembalikan kondisi tubuh pascasakit.

Samco FarmaSamco Farma Foto: dok. Samco Farma

Samcorbex dan multivitamin PT Samco Farma lainnya dapat didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Blibli, dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi kontak pada nomor 081288715581.

Dengan munculnya varian terbaru ini, masyarakat diimbau untuk tidak takut berlebih karena kecemasan hanya akan berpengaruh buruk terhadap sistem imun tubuh. Sebaliknya, orang yang lebih tenang cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Namun, tetap waspada dalam menjalankan langkah pencegahan dan konsumsi multivitamin untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi gejala COVID varian baru.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Samco Farma)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT