ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 07:00 WIB

Fakta-fakta Pria Jakarta Kena Herpes Zoster, Kronologi-Gejala yang Dialami

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Seorang pria terkena herpes zoster, mulanya mengira jerawat biasa. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)

Herpes zoster atau disebut cacar ular merupakan penyakit yang muncul dengan gejala ruam dan bintil berisi air disertai nyeri di satu sisi tubuh. Pemicunya dikarenakan infeksi virus varicella zoster, yang juga 'biang kerok' cacar air.

Herpes zoster umumnya tidak mematikan, tetapi bisa sangat mengganggu. Penyakit ini rentan dialami usia 50 tahun ke atas, mereka yang sedang stres hingga memiliki daya tahan tubuh lemah.

Cara Mengobati Herpes Zoster

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), beberapa obat antivirus seperti; acyclovir, valacyclovir, and famciclovir bisa mempercepat penyembuhan dan menurunkan tingkat keparahan penyakit.

Obat-obatan ini paling efektif jika seseorang mulai meminumnya sesegera mungkin setelah ruam muncul. Untuk meringankan gatal bisa dengan melakukan kompres basah, menggunakan lotion calamine, dan mandi air hangat dengan oatmeal yang dihaluskan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]

(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT