ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 13:38 WIB

5 Gejala Tak Biasa Cacar Monyet Termasuk Ruam Mulut, Anus, dan Alat Kelamin

Vidya Pinandhita - detikHealth
WHO Gelar Pertemuan Darurat Setelah 3.200 Lebih Kasus Cacar Monyet Terkonfirmasi Foto: ABC Australia
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kini jumlah kasus cacar monyet dunia sudah mencapai lebih dari 3.400 kasus. Seiring itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan adanya sederet gejala cacar monyet tidak biasa yang mungkin sulit dikenali orang-orang.

"Sekarang jelas bahwa ada situasi yang tidak biasa. Artinya, bahkan virus berperilaku tidak biasa dibanding bagaimana biasanya (virus cacar monyet) berperilaku di masa lalu," beber Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari The Sun, Jumat (1/7/2022).

"Saya khawatir tentang penularan berkelanjutan karena itu akan menunjukkan virus membangun dirinya sendiri dan itu bisa pindah ke kelompok berisiko tinggi termasuk anak-anak, orang dengan gangguan kekebalan, dan wanita hamil," imbuh Tedros menyorot potensi penyebaran cacar monyet.

CDC melaporkan, beberapa pasien cacar monyet mengalami ruam yang tersebar atau teralokasi ke bagian tubuh tertentu. Seiring itu, petugas medis menyatakan ada gejala mirip flu yang sering terjadi pada kasus cacar monyet, namun kondisi ini tidak selalu terjadi sebelum muncul ruam.

Di samping itu, berikut 5 gejala cacar monyet tak biasa menurut CDC:

  • Ruam di sekitar alat kelamin dan anus
  • Ruam di lapisan mulut
  • Nyeri di anus dan rektum
  • Peradangan
  • Kesulitan untuk buang air besar

Dalam sebuah laporan dari CDC, petugas medis menjelaskan ruam pada pasien cacar monyet umumnya tidak terjadi di jaringan lapisan mulut.

Pasien lain menyebut, ruam telah menyebabkan rasa sakit di anus dan rektum. Juga pada beberapa kasus, muncul pendarahan di dubur.

Diketahui, cacar monyet menyebar melalui kontak fisik yang dekat. Kondisi inilah yang memicu mudahnya penularan virus cacar monyet.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT