ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 17:32 WIB

Jadi Penyebab Gancet dan Rawan Picu Perceraian, Ini Fakta Seputar Vaginismus

Dharmajati Yusuf Fadli - detikHealth
Kembali Perawan, Kunyit dan Bunga Pepaya Ampuh Bikin Miss V Rapet Ilustrasi fakta-fakta seputar vaginismus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu

3. Pengidap Vaginismus Tetap Bisa Hamil

Harapan untuk hamil dan memiliki keturunan bagi wanita pengidap vaginismus tetap ada.

dr Robbi Asri Wicaksono, SpOG, selaku praktisi medis vaginismus menjelaskan vaginismus bukan merupakan penyakit pikiran, melainkan penyakit organ reproduksi. Oleh karena itu, terdapat kekakuan otot pada dinding vagina yang tidak dapat dikendalikan oleh penderita sehingga menyebabkan kegagalan penetrasi.

dr Robbi mengatakan, sebesar 4,9 persen pengidap vaginismus yang tidak pernah mengalami penetrasi dinyatakan hamil. Dalam dunia medis, keadaan tersebut dapat disebut sebagai splash pregnancy.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa penyakit vaginismus dapat menghambat pengidapnya untuk hamil sebesar 95 persen.

"Jadi mereka memang tidak melakukan penetrasi, tetapi hampir pasti ejakulasi dilakukan di depan vagina persis. Kita tahu ejakulasi itu memiliki daya sembur dan vaginanya penderita vaginismus itu tidak menutup," ucap dr Robbi dalam program e-Life detikcom, Jumat (10/9/2021).

Lebih lanjutnya, ia menyarankan pengidap vaginismus untuk tidak perlu buru-buru memiliki keturunan. Hal yang harus diutamakan adalah mengobati penyakitnya. Meski melalui program hamil, cara itu juga tetap memerlukan penetrasi vagina untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Cara Sembuhkan Vaginismus"
[Gambas:Video 20detik]

(Dharmajati Yusuf Fadli/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT