Vaksin Aman untuk Ibu Menyusui, Apa Saja? Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Vaksin Aman untuk Ibu Menyusui, Apa Saja? Ini Daftarnya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Minggu, 03 Jul 2022 10:12 WIB
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space
Vaksin yang aman untuk ibu menyusui (Foto: iStock)
Jakarta -

Menyusui adalah cara terbaik untuk memberikan asupan nutrisi penting bagi buah hati. Dalam proses tersebut, ada kalanya ibu menyusui harus membatasi obat-obat tertentu karena dikhawatirkan berpengaruh pada produksi air susu ibu (ASI). Vaksin termasuk?

Yang pasti, asupan makanan bergizi selama menyusui adalah hal yang penting dilakukan, karena ketika seorang ibu mengonsumsi makanan bergizi akan memaksimalkan proses menyusui.

Lalu, apakah ibu menyusui boleh vaksinasi?

Umumnya vaksinasi aman bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Efek samping yang terjadi pasca vaksinasi biasanya ringan dan hanya bersifat sementara, seperti sakit pada area lengan dan demam ringan.

Hal yang perlu diketahui adalah setiap vaksin telah diuji secara ketat dibeberapa fase uji coba sebelum disetujui untuk digunakan. Vaksin juga akan dipantau secara teratur setelah diperkenalkan, hal itu bertujuan agar manfaat dari vaksinasi benar-benar dapat dirasakan oleh penerimanya.

Manfaat Vaksin

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) vaksinasi adalah cara sederhana, aman, dan efektif untuk melindungi tubuh dari penularan penyakit berbahaya. Vaksin dirancang menggunakan sistem pertahanan alami tubuh untuk membangun ketahanan terhadap infeksi, sehingga sistem kekebalan tubuh seseorang yang telah menerima vaksin akan jauh lebih kuat.

"Vaksin melatih sistem kekebalan untuk membuat antibodi, sama halnya ketika seseorang sedang terpapar penyakit. Namun, karena vaksin hanya berisi kuman yang telah mati atau dilemahkan seperti virus atau bakteri, vaksin tidak akan menyebabkan seseorang memiliki risiko komplikasi akibat vaksinasi," tutur WHO.

Cara Kerja Vaksin

Berikut adalah cara kerja vaksin dalam melindungi tubuh.

  • Mengenali kuman yang menyerang, seperti virus dan bakteri
  • Menghasilkan antibodi berupa protein yang diproduksi secara alami oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit
  • Mengingat penyakit dan cara melawannya, sehingga ketika suatu hari seseorang terkena penyakit akibat virus atau bakteri yang sama, maka sistem kekebalan tubuh akan dengan cepat menghancurkannya.

Kemudian, jenis vaksin apa saja yang aman untuk ibu menyusui?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Ibu Menyusui Disarankan Hindari Konsumsi Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT