ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 17:30 WIB

Satu Gejala yang Perlu Diwaspadai saat COVID RI Meroket Gegara BA.4-BA.5

Vidya Pinandhita - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Gejala yang wajib diwaspadai pada pasien COVID-19. Foto: Getty Images/BlackJack3D
Jakarta -

Banyak negara termasuk Indonesia tengah diterpa lonjakan kasus COVID-19 imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Meski gejala pada gelombang kali ini diyakini lebih ringan dibandingkan pada gelombang sebelumnya, gejala macam apakah yang perlu diwaspadai jika muncul pada orang yang tengah terpapar virus Corona?

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), hingga kini tidak ada bukti bahwa gejala akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 lebih berat dibanding varian Corona lainnya, atau memunculkan gejala baru yang belum pernah muncul dari infeksi varian Corona sebelumnya.

Serupa dengan gejala akibat varian-varian Corona sebelumnya, berikut gejala COVID-19 yang dilaporkan pada gelombang kali ini:

  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Bersin
  • Rasa sakit

Jangan Sepelekan Sesak Napas!

Namun begitu, konsultan penyakit dalam di NHS Highland, dr Dan Goyal, menegaskan gejala sesak napas menandakan perburukan gejala pada pasien COVID-19.

"Agar benar-benar jelas, sesak napas bukan gejala 'normal' yang umum terjadi pada pasien COVID-19. Sesak napas menunjukkan COVID yang parah (atau lebih buruk) sampai terbukti sebaliknya," tegasnya, dikutip dr Goyal, dikutip dari Huffington Post, Selasa (5/7/2022).

dr Goyal menambahkan terdapat risiko kondisi 'Silent Hypoxia' yang juga penting untuk diwaspadai pada pasien COVID-19. Pada kondisi ini, kadar oksigen dalam darah pasien sangat rendah tetapi pasien tidak menyadari gejala apapun. Paru-paru meradang tetapi pasien tidak merasa sesak napas.

Gejala lain yang juga perlu diwaspadai pada pasien COVID-19 yakni kelelahan parah meski hanya beraktivitas sedikit seperti berjalan menaiki tangga, demam berlangsung berhari-hari, serta tanda-tanda kebingungan.



Simak Video "Studi Ungkap Gejala Covid-19 Paling Sering Muncul di Gelombang BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT