ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 06:55 WIB

5 Penyebab Gigi Anak Hitam dan Keropos, Termasuk Efek Obat-obatan

Dharmajati Yusuf Fadli - detikHealth
Anak dan ibu saling menggosok gigi Merawat gigi anak (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Gigi anak yang berubah menjadi hitam dan keropos patut diketahui oleh para orang tua. Kondisi tersebut merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan gigi yang tidak boleh diremehkan.

Dikutip dari laman Healthline, warna gigi umumnya berwarna putih hingga kuning keputihan. Warna putih gigi bergantung pada jumlah kalsium yang terdapat di lapisan enamel gigi.

Dalam kondisi tertentu, lapisan enamel gigi akan menipis sehingga lapisan di bawahnya yang disebut dengan dentin terlihat. Hal tersebut dapat menyebabkan gigi terlihat lebih gelap.

Waspadai pembusukan gigi pada anak

Gigi pada anak yang mengalami pembusukan lalu jadi berlubang biasanya karena gigi yang tidak diurus secara baik. Hal ini biasanya ditandai dengan terbentuknya bintik-bintik putih pada area gigi yang rusak.

Dengan timbulnya bintik-bintik ini mengartikan bahwa lapisan enamel gigi sudah mulai rusak. Ini juga dapat menyebabkan gigi terasa sensitif.

Kemudian akan muncul rongga awal pada gigi yang biasanya berwarna cokelat muda. Lambat laun, rongga ini warnanya semakin gelap dan akan menjadi lebih dalam. Kondisi ini yang akan membuat gigi menjadi hitam dan keropos.

Berikut adalah lima penyebab gigi anak menjadi hitam dan keropos seperti diolah dari berbagai sumber:

1. Cara sikat gigi yang tidak tepat

Dikutip dari laman Mayo Clinic, apabila gigi susu tidak disikat dengan benar maka bakteri dan plak dapat muncul pada gigi. Apabila dibiarkan, penumpukan bakteri dan plak dapat membuat warna gigi berubah. Efeknya, gigi anak jadi terlihat menghitam dan keropos.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat yang mengandung zat besi, misalnya vitamin tambahan, memiliki risiko untuk membuat noda pada gigi anak. Oleh karena itu, apabila sang anak memang harus mengonsumsi obat tertentu, harus diperhatikan juga kebersihan giginya.

3. Cedera gigi

Gigi yang tampak hitam juga dapat disebabkan oleh pendarahan di dalam gigi karena cedera atau trauma yang pernah dialami.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Gigi Balita Berbehel, Apakah Perlu?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT