ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 17:28 WIB

Sering Biduran? Ada Macam-macam Obat Anti Alergi, Kenali Bedanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Close-up of the automatic capsule package production line. Ilustrasi obat (Foto: iStock)
Jakarta -

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas, artinya sistem imun dalam tubuh lebih sensitif terhadap suatu paparan tertentu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti debu, makanan, hingga serbuk sari bunga.

Pakar farmakologi dan farmasi klinik Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Apt Zullies Ikawati, menyebut prevalensi jenis alergi paling banyak di Indonesia adalah rinitis alergi (pilek alergi) dan urtikaria (biduran).

"Di Indonesia banyak macam-macam alergi, tetapi yang paling banyak adalah jenis alergi pilek atau bahasa medisnya rinitis alergi. Dan juga gatal alergi, ini merupakan jenis yang banyak dijumpai," tuturnya saat webinar virtual, Selasa (12/7/2022).

Kondisi ini tentunya tak boleh disepelekan lantaran bisa mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari, sehingga diperlukan bantuan pengobatan.

Terdapat beberapa jenis obat anti alergi, seperti antihistamin yang bisa digunakan untuk mengobati gejala alergi. Golongan obat ini bekerja untuk mengeblok reseptor histamin untuk membantu mengobati kondisi yang disebabkan oleh terlalu banyak histamin, zat kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh.

Selain antihistamin, Prof Zullies juga menyebut obat steroid juga bisa digunakan untuk mengobati alergi yang lebih berat. Meskipun demikian, obat itu hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

"Jadi memang tadi saya sampaikan ada beberapa jenis obat anti alergi, terutama antihistamin. Antihistamin itu adalah obat yang ngeblok di reseptor histamin, itu ada yang bikin ngantuk ada yang tidak. Nama-nama obatnya mungkin agak susah untuk dihafalkan di sini, tapi memang banyak beberapa obat antihistamin," tuturnya dalam webinar virtual, Selasa (12/7/2022).

"Selain antihistamin, sebetulnya alerginya lebih berat ada yang namanya steroid. Tapi biasanya itu harus dengan resep dokter dan itu harus diperiksakan dulu ke dokter," lanjutnya.

NEXT: Tak semua obat anti alergi bisa dibeli bebas

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT