Wanita Ini Kehilangan IUD, Hasil USG-nya Bikin Kaget

ADVERTISEMENT

Wanita Ini Kehilangan IUD, Hasil USG-nya Bikin Kaget

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 13 Jul 2022 18:45 WIB
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil (Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin)
Jakarta -

Dalam sebuah video TikTok, seorang perempuan bernama Adrianna Marlee menceritakan pengalamannya ketika intrauterine device (IUD) yang dirinya pasang ternyata hilang dan tidak dapat ditemukan.

IUD merupakan singkatan dari intrauterine device atau bisa juga disebut sebagai KB spiral. IUD adalah sebuah alat kontrasepsi berbahan plastik yang memiliki bentuk seperti huruf 'T' dan dipasang di dalam rahim untuk mencegah kehamilan.

Dikutip dari The Sun, Rabu (12/7/2022), Adrianna baru beberapa bulan pasang IUD dan sesaat setelah itu dirinya berhenti mendapatkan menstruasi. Menurut keterangan medis, normal untuk mengalami menstruasi yang tidak teratur atau tidak mengalami menstruasi sama sekali setelah memasang IUD.

Namun dalam kasus Adrianna, ia menjelaskan dalam video bahwa setelah beberapa saat tidak mendapatkan menstruasi, tiba-tiba ia mendapatkan menstruasi kembali. Namun setelah itu dia tiba-tiba melewatkan satu periode lagi.

Adrianna mencoba untuk menemukan tali senar yang terpasang pada IUD di tubuhnya tetapi ia tidak dapat menemukannya.

Adrianna memutuskan melakukan tes kehamilan dan terkejut dengan hasil bahwa dirinya positif hamil. Ia akhirnya mengunjungi dokter dan memintanya mencari IUD yang hilang di dalam tubuhnya dengan ultrasound.

Namun dokter malah menemukan detak jantung bayi dan hasil USG menunjukkan adanya janin dalam tubuh Adrianna. Diduga tubuh Adrianna telah mengeluarkan IUD secara tak sengaja, yang pada gilirannya menyebabkan dia hamil.

Bisakah IUD Hilang dalam Tubuh?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kegagalan fungsi IUD termasuk kondisi alat tersebut hilang merupakan kejadian yang jarang. Untuk setiap 1.000 wanita yang menerima IUD hanya sekitar empat wanita rata-rata akan memiliki masalah dengan perangkat IUD yang tidak terpasang dan berfungsi dengan baik.

IUD juga jarang sekali melubangi (menusuk) dinding rahim dan keluar dari rahim dan masuk ke rongga perut. Awalnya diperkirakan bahwa kontraksi rahim menjadi penyebab IUD ke bagian lain dari tubuh, namun pemasangan yang tidak dilakukan profesional juga bisa memperbesar kemungkinan ini.

Ada kemungkinan IUD juga copot dan keluar dari dalam tubuh, kemungkinan besar hal ini terjadi selama periode menstruasi. Namun hal ini jarang sekali terjadi.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT