ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Jul 2022 07:24 WIB

Rekomendasi Vitamin untuk Bantu Pemulihan Pasien Omicron BA.4 & BA.5

Sponsored - detikHealth
Ilustrasi Membeli Obat Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Masuknya subvarian baru COVID-19 Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia membuat pemerintah memperketat kembali level PPKM. Dalam kondisi saat ini, penting bagi masyarakat untuk waspada dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak terkena COVID-19 varian baru ini.

Pasien positif COVID-19 Omicron BA.4 dan BA.5 atau pun penyintas COVID-19 harus memperhatikan asupan makanan bernutrisi dan vitamin untuk membantu tubuh melawan infeksi. Dalam Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 3 yang disusun oleh gabungan perhimpunan dokter Indonesia, terdapat beberapa rekomendasi vitamin yang baik dikonsumsi pasien COVID-19.

Rekomendasi vitamin tersebut berbeda tergantung tingkatan keparahan gejala pada pasien. Persamaannya, bagi setiap pasien COVID-19 direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C dan vitamin D. Namun, ada juga vitamin dan mineral lain yang tak kalah penting. Berikut daftar vitamin dan mineral yang direkomendasikan bagi pasien COVID-19.

1. Vitamin D

Utamanya, vitamin D berfungsi untuk membantu mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah dalam tubuh. Namun, vitamin D juga dapat melindungi Anda dari infeksi pernafasan seperti yang kerap dialami pasien COVID-19.

Berdasarkan uji klinis, konsumsi vitamin D dapat mengurangi risiko Anda terhadap gejala parah infeksi saluran pernafasan secara signifikan. Bagi pasien dengan gejala ringan, dapat mengonsumsi vitamin D jenis suplemen 400-1000 IU/hari.

Sebenarnya, sumber vitamin D yang paling baik bisa Anda dapatkan dari paparan sinar matahari. Namun, Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen khusus atau makanan seperti ikan, susu, dan kuning telur.

2. Zinc

Beberapa obat flu atau obat pelega tenggorokan juga mengandung zinc di dalamnya. Mengingat gejala ringan COVID-19 serupa dengan gejala flu, zinc juga dapat membantu mengatasi beberapa gejala seperti hidung tersumbat, hidung berair, sakit tenggorokan, dan batuk.

3. Vitamin C

Salah satu gejala khas dari penyakit COVID-19 adalah peradangan paru-paru yang membuat penderitanya sesak napas. Konsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan berkat sifat antioksidannya.

Biasanya, vitamin C sering diminum untuk membantu meredakan gejala pilek. Bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan, dapat mengonsumsi vitamin C 500 mg atau multivitamin dengan kandungan vitamin C 1-2 tablet sehari.

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap dalam kondisi prima. Hal itu sangat dibutuhkan untuk membantu melawan penyakit infeksi seperti COVID-19. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin B kompleks yang cukup, baik dari suplemen maupun makanan.

Salah satu pilihan suplemen yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dan membantu pemulihan dari COVID-19 adalah multivitamin Samcorbex dengan kandungan vitamin C sebanyak 500 mg yang dapat memenuhi asupan vitamin C harian dan juga aman untuk lambung. Selain itu, terdapat kandungan vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh pascasakit atau sedang mengalami positif COVID-19.

Samcorbex CSamcorbex C (Foto: dok. Samco Farma)

Saat ini, Samcorbex dan multivitamin produk PT Samco Farma lainnya bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi nomor 081288715581.

Bagi pasien gejala ringan direkomendasikan untuk melakukan Isolasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan. Masa isolasinya yakni 10 hari sejak timbul gejala ditambah 3 hari bebas gejala. Sementara bagi pasien COVID-19 dengan gejala sedang dan gejala berat sebaiknya dirawat di rumah sakit agar berada dalam pemantauan dokter-dokter ahli.



Simak Video "Fetish Kadang Bisa Berbahaya, Bagaimana Menyembuhkannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Samco Farma)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT