ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 07:10 WIB

Terlalu Dini Malah Tak Optimal, Umur Berapa Sebaiknya Anak Boleh Ikut Les?

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Anak belajar Kapan anak boleh ikut les? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Mendaftarkan anak ke tempat les merupakan salah satu upaya orang tua untuk mendukung minat dan bakat buah hatinya. Namun, terkadang timbul pertanyaan di kalangan orang tua, sejak kapan idealnya anak boleh mengikuti les minat bakat?

Psikolog anak Rafika Ariani, MPsi mengatakan bahwa hal itu sebenarnya dikembalikan lagi kepada kebutuhan sang anak. Hal itu karena tujuan les sebenarnya adalah membantu stimulasi perkembangan kemampuan dari anak tersebut.

Terkadang, beberapa orang tua ingin meningkatkan kemampuan atau keterampilan dari sang anak, namun tidak bisa dilakukannya di rumah. Hal itulah yang mendasari orang tua membutuhkan tenaga ahli khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan dari buah hatinya.

"Les tambahan juga banyak macamnya, ada yang sifatnya akademik maupun non akademik. Kalau dibilang perlu atau enggak, penting atau enggak, itu semua balik lagi ke kebutuhannya," tutur Fika dalam Live Instagram HaiBunda Les Bakat vs Les Mata Pelajaran beberapa waktu lalu.

Apakah Anak Usia Dini Boleh Ikut Les?

Rafika juga menjelaskan umur berapa anak diperbolehkan untuk mengikuti les agar mendapatkan hasil yang maksimal.

"Kalau usianya terlalu dini, itu juga harus dipertimbangkan sebenarnya anak tuh butuh les yang seperti apa? Apakah anak ini bener-bener butuh les atau enggak?," tuturnya.

"Misalnya orang tua pengen anaknya bisa calistung sebelum masuk sekolah, berarti sang anak ikutnya les calistung. Tapi, dilihat dulu anak ini bener-bener butuh atau enggak?," sambungnya.

Fika juga menjelaskan bahwa anak usia dini sejatinya lebih membutuhkan stimulasi yang bersifat sensori. Hal itu berarti anak-anak usia dini lebih butuh kegiatan yang sifatnya permainan bukan akademik.

"Biasanya memang kalau kita ngomongin bakat atau minat anak itu agak tricky ya. Apalagi anak usia dini, karena biasanya anak usia dini, anak usia sekolah, itu punya banyak kesukaan," tutur Fika.

Lantas, berapakah usia optimal anak ketika akan mulai diikutkan les pelajaran atau les bakat? Baca halaman berikutnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT