Tolak Legalisasi, MK Tegaskan Belum Ada Bukti Kajian Ganja untuk Terapi

ADVERTISEMENT

Tolak Legalisasi, MK Tegaskan Belum Ada Bukti Kajian Ganja untuk Terapi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Rabu, 20 Jul 2022 15:17 WIB
Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi UU Narkotika untuk terapi medis atau kesehatan. MK menilai materi yang diuji adalah kewenangan DPR dan pemerintah.
MK menolak legalisasi ganja medis, sebut belum ada kajian komprehensif terkait penggunaan ganja untuk layanan kesehatan dan terapi. Foto: Grandyos Zafna

Dalam paparan tersebut, Suhartoyo menanggapi permohonan dan sejumlah Pemohon, salah satunya Ibu Santi, terkait penggunaan ganja medis. Menurutnya, dengan belum adanya bukti ihwal pengkajian dan penelitian secara komprehensif, keinginan para Pemohon sulit dipertimbangkan dan dibenarkan oleh Mahkamah.

"Berkaitan dengan pemanfaatan jenis Narkotika Golongan I untuk pelayanan kesehatan dan atau terapi, sebagaimana yang dimohonkan oleh para Pemohon, hal tersebut sama halnya dengan keinginan untuk mengubah pemanfaatan jenis Narkotika Golongan I yang secara imperatif hanya diperbolehkan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan," papar Suhartoyo.

"Pembatasan pemanfaatan demikian tidak terlepas dari pertimbangan bahwa jenis Narkotika Golongan I tersebut mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Oleh karena itu berdasarkan fakta-fakta hukum yang diperoleh dalam persidangan, telah ternyata keinginan para Pemohon untuk diperbolehkannya jenis Narkotika Golongan I untuk pelayan kesehatan dan atau terapi belum terdapat bukti telah dilakukan pengkajian dan penelitian bersifat komprehensif dan mendalam secara ilmiah," pungkasnya.


(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT