Heboh Bocah Tewas Dibully, Psikolog Ungkap Biang Kerok Anak Jadi Perundung

ADVERTISEMENT

Heboh Bocah Tewas Dibully, Psikolog Ungkap Biang Kerok Anak Jadi Perundung

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 21 Jul 2022 18:00 WIB
Little girl suffering bullying raises her palm asking to stop the violence
Foto ilustrasi: iStock

Tanda Anak Rentan Jadi Tukang 'Bully'

Pada beberapa kasus, anak memiliki tingkat agresivitas lebih tinggi dipengaruhi faktor hormon. Jika dibarengi pola asuh yang kurang tepat, kondisi ini bisa membuat anak rentan menjadi pelaku bullying.

"Ada juga anak yang memang ketika dia dari kecil memang cenderung impulsif atau ada gangguan dalam mengatur perilakunya, dia juga ada kecenderungan dalam melakukan bullying," jelas Nina.

"Apalagi ketika dikombinasikan dengan perilakunya tidak tepat, kemudian juga ada banyak sekali contoh negatif dari lingkungan baik dari tetangga, sekolah, dan sebagainya sehingga ini membentuk anak menjadi lebih rentan menjadi pelaku bully," sambungnya.

Namun begitu, kondisi tersebut bisa disikapi dengan pengajaran pada anak terkait cara bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan sosial.

"Mungkin dia dari dulunya memang sudah punya kecenderungan untuk menjadi agresif, impulsif, kesulitan mengatur diri, maka memang penting diajarkan keterampilan mengatur diri, sosial, bagaimana cara bergaul atau berinteraksi dengan orang lain dengan saling menghormati," pungkas Nina.


(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT