ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 11:00 WIB

Pepaya Bisa Memperbesar Payudara? Kata 'Mak Erot' Sih Begitu

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Lipsus Mak EROT untuk detikhealth Pengobatan klinik Mak Erot. Foto: Rachman_punyaFOTO
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'

Berapa Sih Ukuran Payudara Ideal?

Spesialis bedah plastik, dr Nathania Pudya Hapsari SpBP-RE, BMedSc, menjelaskan ukuran payudara yang ideal harus disesuaikan dengan proporsi tubuh masing-masing.

"Jadi payudara yang baik itu juga harus sesuai sama proporsi orangnya. Sesuai sama bahunya kemudian sesuai sama batas ketiaknya gitu ya," ucapnya pada detikcom beberapa waktu lalu.

Payudara yang terlalu besar terutama yang telah menjalani prosedur pembesaran ukuran payudara justru akan terlihat tidak natural jika tidak sesuai proporsi.

"Kan nggak bagus juga payudaranya itu sampai melewati dari area anatomisnya, itu pasti terlihatnya jadi tidak natural," sambungnya.

Metode Membesarkan Payudara

Dalam dunia medis, membesarkan ukuran payudara bisa dilakukan dengan metode yang disebut filler. Prosedur paling umum yang sering dipilih untuk membesarkan payudara adalah implan dan transfer lemak.

Implan

Implan payudara dilakukan untuk menambah ukuran payudara menjadi lebih besar. Paling populer adalah jenis implan silikon, baik dalam bentuk gel, cairan, atau padat. Implan juga perlu diganti setiap 10-15 tahun agar tidak membahayakan kesehatan. Operasi implan hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah berpengalaman.

Transfer lemak

Transfer lemak bertujuan untuk memindahkan lemak dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh lain. Dalam bahasa medis, prosedur ini dikenal dengan nama Fat Transfer, Fat Graft, ataupun Lippo Modeling. Prosedur ini dilakukan dengan menyuntikkan lemak dan sel induk (stem cell) pada payudara sehingga volumenya semakin besar.

Namun, profesor bedah plastik David S Perdanakusuma, SpBP-RE(K) menyebut sebenarnya penggunaan filler tidak bisa memperbesar bagian tubuh termasuk payudara.

"Secara umum, filler digunakan untuk mengisi kekosongan atau area yang depres atau cekung namun tidak untuk menambah volume. Banyak negara yang melarang tindakan tersebut. Bedah plastik tidak menyarankan dan tidak merekomendasi prosedur tersebut," terang Prof David pada detikcom beberapa waktu lalu.

Secara alami, melakukan olahraga tertentu dan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat lebih direkomendasikan untuk menjaga payudara tetap sehat dan memiliki ukuran yang ideal.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Cucu Mak Erot Keluhkan Adanya Klinik yang Mencatut Namanya"
[Gambas:Video 20detik]

(mfn/up)
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT