ADVERTISEMENT

Minggu, 24 Jul 2022 05:30 WIB

Waspada! LBP Banyak Menyerang Orang-orang Seperti Ini Saat WFH

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Hand pointing on screen with X-rays of the spine. close up Low back pain banyak menyerang kelompok ini selama WFH (Foto: iStock)
Jakarta -

Low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah merupakan kondisi yang kerap mengganggu aktivitas setiap hari, terutama saat bekerja dan terlalu lama duduk. Banyak dialami orang-orang yang kelamaan WFH (Work From Home) nih.

Penyebab low back pain (LBP) alias sakit pinggang ini bermacam-macam, seperti gangguan otot, masalah struktur dari punggung bawah, dan lainnya.

Kondisi ini juga tak boleh disepelekan. Pasalnya, jika sudah terjadi kerusakan jaringan atau cedera yang lebih serius, bisa memicu rasa nyeri yang sangat sakit dan parah.

Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi dari RS Brawijaya Depok, dr Ajiantoro, SpOT (K-Spine), menjelaskan kelompok yang rentan terkena low back pain atau nyeri punggung bawah adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih atau overweight.

Hal tersebut disebabkan karena penumpukan lemak di area perut dapat memicu tekanan yang berlebih pada area punggung bawah, khususnya ketika dalam posisi duduk.

"Jadi pada berat badan overweight, berat badan yang berlebih khususnya ada penumpukan lemak di daerah perut, tekanan pada punggung bawah itu akan meningkat. Khususnya pada saat posisi duduk yang terlalu lama, apalagi postur tubuhnya itu tidak tepat saat duduk atau melakukan aktivitas," tuturnya saat ditemui detikcom, Jumat (22/7/2022).

dr Aji juga menyebut mereka yang berusia produktif, 20 sampai 50 tahun atau usia lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun juga berisiko terkena low back pain atau nyeri punggung bawah. Meskipun begitu, penyebabnya pun juga berbeda-beda, baik usia produktif maupun lansia.

"Sebetulnya low back pain ini bisa terjadi baik usia produktif, 20 sampai 50 tahun, ataupun usia lansia di atas 65 tahun. Tetapi, terkadang faktor risiko dan penyebab low back pain ini berbeda-beda," lanjutnya.



Simak Video "Kenali Gejala Nyeri Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT