AS Waswas Cacar Monyet Jadi Penyakit Menular Seksual Baru, Heteroseks Bisa Kena?

ADVERTISEMENT

AS Waswas Cacar Monyet Jadi Penyakit Menular Seksual Baru, Heteroseks Bisa Kena?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Minggu, 24 Jul 2022 11:01 WIB
Penyebaran Infeksi Virus Cacar Monyet Terjadi di Eropa dan AS
Foto: DW (News)
Jakarta -

Amerika Serikat menyorot wabah cacar monyet sebagai awal penyebaran penyakit menular seksual (PMS) baru. Beberapa pakar khwawatir, penyakit cacar monyet bakal menyebar lebih luas sehingga bisa menjadi PMS yang 'mengakar' layaknya gonore, herpes, dan HIV.

Hingga kini, tidak ada pihak yang benar-benar yakin perihal efektivitas pengujian dan vaksin dapat menghentikan penyebaran wabah cacar monyet. Pejabat kesehatan pun belum bisa memastikan kecepatan penularan virus. Juga tidak bisa dipastikan berapa banyak orang yang terinfeksi namun menularkan cacar monyet tanpa disadari.

Namun Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, dr Rochelle Walensky, mengatakan respons pemerintah terhadap penyebaran cacar monyet semakin kuat setiap hari dan pasokan vaksin akan terus meningkat.

"Saya pikir kita masih memiliki kesempatan untuk menahan ini (wabah cacar monyet)," kata Walensky kepada The Associated Press, dikutip dari New York Post, Minggu (24/7/2022).

Diketahui, cacar monyet adalah penyakit endemik di beberapa bagian Afrika. Biasanya, pasien terinfeksi melalui gigitan hewan pengerat atau hewan kecil. Namun, penyakit ini sebelumnya tidak menyebar dengan mudah antar individu.

Namun tahun ini, sebanyak lebih dari 15.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di negara-negara yang secara historis tidak pernah hidup dengan penyakit tersebut. Di AS dan Eropa, mayoritas kasus cacar monyet terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan sesama pria. Walaupun CDC menekankan, siapa pun bisa tertular virus cacar monyet terlepas dari orientasi seksualnya.

Cacar monyet terutama menular lewat kontak kulit dengan kulit, namun juga bisa ditularkan melalui sentuhan dengan benda yang terinfeksi virus cacar monyet. Gejalanya meliputi demam, nyeri tubuh, kedinginan, kelelahan, dan benjolan di bagian tubuh.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT