AS Waswas Cacar Monyet Jadi Penyakit Menular Seksual Baru, Heteroseks Bisa Kena?

ADVERTISEMENT

AS Waswas Cacar Monyet Jadi Penyakit Menular Seksual Baru, Heteroseks Bisa Kena?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Minggu, 24 Jul 2022 11:01 WIB
Penyebaran Infeksi Virus Cacar Monyet Terjadi di Eropa dan AS
Foto: DW (News)

Gejala berupa benjolan seharusnya membuat infeksi cacar monyet mudah diidentifikasi. Terlebih lantaran virus menyebar melalui kontak dekat, pihak CDC berpikir penyebaran cacar monyet dapat dilacak melalui orang yang terinfeksi, serta dengan siapa saja pasien tersebut telah melakukan hubungan intim.

Namun kenyataannya, pelacakan kontak kerap terkendala lantaran pria di AS tidak selalu bisa menyebutkan nama pasangan seksnya. Beberapa pasien melaporkan, telah melakukan interaksi seksual dengan orang asing.

Meski cacar monyet kini terkonsentrasi pada kelompok pria yang melakukan seks dengan sesama pria, profesor emeritus penyakit menular di University of Alabama di Birmingham, dr Edward Hook III menyebut melimpahnya virus cacar monyet ke kelompok heteroseksual hanyalah masalah waktu.

Jika cacar monyet menjadi penyakit menular seksual endemik, kondisi tersebut akan menjadi tantangan bagi dokter yang selama ini menangani penyakit menular seksual yang ada. Pasalnya, pekerjaan tersebut telah lama kekurangan staf imbas penanganan pandemi COVID-19. Selama beberapa tahun terakhir, kasus gonore, klamidia dan sifilis telah meningkat.

"Pada umumnya (dokter) kepayahan dalam melakukan pekerjaan terkait riwayat seksual pasien, serta mengakui pasien sebagai makhluk seksual," beber Hook.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT