ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Telapak Kaki Panas dan Sakit Seperti Ditusuk Jarum, Tanda Sakit Apa Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi kaki Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, mau tanya...

Istri saya umur 56 tahun mengalami sakit seperti ditusuk jarum dan rasa panas pada kedua telapak kakinya. Hal ini sudah berlangsung sekitar 2 tahun, dan berobat juga ke dokter tapi belum juga sembuh. Bagaimana solusinya Dok?

Perlu diketahui bahwa istri saya ada penyakit diabetes, berlangsung sudah sekitar 5 tahun.

D (pria, 59 tahun)

Jawaban:

Rasa sakit yang seperti ditusuk jarum dan rasa panas pada pasien diabetes bisa disebabkan oleh kondisi neuropati diabetes. Supaya bisa memperbaiki kondisinya perlu diupayakan agar gula darahnya selalu terkontrol dalam batas normal. Selama sudah diterapi apa saja selamat berobat ke dokter?

Selain itu, kekurangan vitamin B (B1 dan B6) juga bisa mengganggu fungsi saraf seperti di telapak kaki. Saran saya adalah bisa periksakan kadar vitamin B1 dan B6, atau bisa juga konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti produk susu, ikan tuna dan salmon, kacang-kacangan, daging, hati sapi atau mengkonsumsi vitamin B kompleks.

Olahraga yang teratur untuk memperlancar aliran darah juga bisa membantu mengatasi keluhan ini. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah bila ada luka di kaki, segera diobati dan dirawat hingga sembuh agar tidak terjadi komplikasi.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video " Asahan Terima 400 Dosis Vaksin PMK, Pemerintah Janji Tambah Kuota"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT