ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 21:30 WIB

Ternyata Segini Tekanan Darah Normal Sesuai Usia, Kamu Termasuk yang Mana?

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
tekanan darah rendah Ilustrasi tekanan darah normal (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang rutin mengecek tekanan darahnya untuk memastikan bahwa ia memiliki tekanan darah normal. Jika tekanan darah seseorang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan berisiko terhadap beberapa masalah kesehatan.

Dikutip dari Very Well Health, pengukuran tekanan darah bertujuan untuk mengukur kekuatan tekanan dinding arteri saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui apakah tekanan darah orang tersebut berisiko pada kesehatannya atau tidak.

Menurut American Heart Association, tekanan darah normal untuk orang dewasa dengan usia 20 tahun atau lebih tua adalah kurang dari 120/80 mm Hg. Meskipun begitu, nyatanya tekanan darah normal setiap orang berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin dan usianya.

Ukuran Tekanan Darah Normal

Ketika seseorang bertambah usia, pembuluh darah di dalam tubuhnya di penuhi plak yang membuatnya menjadi lebih kaku. Hal itu akan mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat, dan jika terlalu tinggi akan berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan oleh Lancet mengatakan bahwa rata-rata tekanan darah di dunia adalah 127/79 mm Hg untuk laki-laki dan 122/77 mm Hg untuk perempuan. Namun, ada juga tekanan darah normal berdasarkan rentang usia yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Usia 18-39 Tahun

Pada rentang usia 18-39 tahun, rata-rata tekanan darah untuk laki-laki adalah 119/70 mm Hg dan 110/68 mm Hg untuk perempuan.

2. Usia 40-59 Tahun

Pada rentang usia 40-59 tahun, rata-rata tekanan darah untuk laki-laki adalah 124/77 mm Hg dan 122/74 mm Hg untuk perempuan.

3. Usia 60 Tahun ke atas

Pada rentang usia 60 tahun ke atas, rata-rata tekanan darah untuk laki-laki adalah 133/69 mm Hg dan 139/68 mm Hg.

Itulah beberapa tekanan darah normal yang dilihat berdasarkan usia dan jenis kelamin. Rutin mengecek tekanan darah dan melakukan gaya hidup sehat adalah langkah untuk menjaga tekanan darah tetap normal.



Simak Video "Fetish Kadang Bisa Berbahaya, Bagaimana Menyembuhkannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT