ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 05:24 WIB

Round Up

Wanti-wanti IDI Soal Cacar Monyet, Sebaran Suspek di Indonesia Diungkap

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Sudah ada cacar monyet atau monkeypox di Indonesia? Cacar monyet di Indonesia (Foto: infografis detikHealth)

Sementara itu, juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril memastikan saat ini Indonesia masih nihil kasus cacar monyet. Sempat ada 9 suspek, namun hasil pemeriksan memastikan semuanya negatif.

"Alhamdulillah, sampai hari ini sejak diumumkan kasus pertama di Inggris yang lalu, kita belum ada kasus konfirmasi, probable, maupun suspek," kata dr Syahril dalam konferensi pers daring oleh Kemenkes RI, Rabu (27/7/2022).

"Cuma kemarin itu ada 9 kasus yang kita suspek. Tapi, ternyata mereka dikeluarkan dari ini (daftar suspek), dan setelah di WGS, hasilnya negatif tidak ditemukan cacar monyet," lanjutnya.

Berikut sebaran kasus diduga cacar monyet yang sempat dilaporkan, dan saat ini sudah dipastikan 'discarded'.

  • DKI Jakarta: 5 orang
  • Jawa Barat: 3 orang
  • Jawa Tengah: 1 orang
  • Kalimantan Barat: 1 orang

Selain itu, dr Syahril juga menyebut Indonesia saat ini berada dalam klasifikasi 1 menurut panduan organisasi kesehatan dunia WHO. Klasifikasi ini menunjukkan bahwa di Indonesia belum ada temuan kasus.

"Klasifikasi 1 adalah negara yang belum melaporkan kasus, atau pernah melaporkan kasus namun tidak melaporkan lagi selama 21 hari. Indonesia saat ini masuk klasifikasi 1 karena belum pernah melaporkan kasus monkeypox ke WHO," jelas dr Syahril.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Fakta-fakta Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT