ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 07:00 WIB

7 Cara Mengeluarkan Dahak Tanpa Keselak

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
COVID-19 Pandemic Coronavirus, Asian woman wearing a mask, have a symptoms coughing and fever Cara mengeluarkan dahak (Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark)
Jakarta -

Banyak cara mengeluarkan dahak dengan mudah. Namun faktanya, banyak lho yang tidak bisa melakukannya. Pasti ada drama muntah-muntah karena keselak.

Dahak adalah sejenis lendir yang pada dasarnya memang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu melembabkan dan melindungi saluran pernapasan dari virus dan bakteri. Namun, ketika produksi dahak terlalu banyak, umumnya orang-orang akan mencari cara mengeluarkan dahak tersebut.

Tubuh yang sehat sebenarnya tetap membutuhkan dahak dalam jumlah yang cukup. Ketika jumlahnya terlalu banyak, akan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Dikutip dari Medical News Today, terdapat beberapa penyebab tubuh memproduksi dahak terlalu banyak, seperti:

  • Infeksi, seperti pilek atau flu
  • Alergi
  • Iritasi pada hidung, tenggorokan, atau paru-paru
  • Penyakit refluks gastroesofageal
  • Merokok
  • Penyakit paru-paru, seperti pneumonia, kanker paru-paru, cystic fibrosis, atau penyakit paru obstruktif kronis.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Mudah

Mengeluarkan dahak dengan cara batuk terlalu keras juga tidak disarankan, karena hanya akan menimbulkan masalah lain. Berikut tips mudah mengeluarkan dahak.

1. Minum Banyak Air

Tubuh tetap perlu terhidrasi agar lendir tidak diproduksi terlalu banyak oleh tubuh. Ketika seseorang menderita flu, ia disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air agar lendir menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan.

2. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara menenangkan tenggorokan dan membersihkan sisa lendirnya. Larutkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat, cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih efektif.

3. Menggunakan Kayu Putih

Produk kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk dan mengeluarkan dahak selama bertahun-tahun. Caranya adalah dengan mengaplikasikan langsung beberapa tetes minyak kayu putih ke dada.

Tak hanya itu, seseorang juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam diffuser. Cara tersebut cukup ampuh untuk mengeluarkan dahak berlebih.

4. Mandi Air Panas

Ketika seseorang mandi menggunakan air panas, maka kamar mandinya akan dipenuhi oleh uap hangat. Hal itu dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak di hidung dan tenggorokan.

Tak hanya itu, seseorang juga bisa mengusap wajahnya menggunakan handuk yang telah direndam air hangat untuk membantu melegakan saluran pernapasan. Hal itu dinilai ampuh dalam mengeluarkan dahak berlebih dari dalam tubuh.

5. Meniup Hidung dengan Lembut

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan lendir dalam tubuh adalah dengan meniup hidung secara perlahan. Mungkin seseorang tergoda untuk melakukannya dengan sedikit keras, tetapi hal itu dinilai bisa melukai sinus.

6. Makan Banyak Buah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi banyak buah dapat membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan dahak. Mengonsumsi buah yang tinggi serat dan kaya antioksidan adalah pilihan yang tepat untuk membantu mengencerkan dahak.

7. Jaga Udara Tetap Lembab

Udara yang kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan, menyebabkan lebih banyak lendir yang terbentuk sebagai pelumas. Menempatkan humidifier berguna untuk membuat udara tetap lembab. Hal itu dapat membantu mengencerkan dahak dan mencegah tubuh untuk memproduksi dahak terlalu banyak.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami dan mudah. Kunjungi dokter jika dahak masih terus memenuhi saluran pernapasan dalam jangka waktu yang lama.



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT