ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 09:01 WIB

Dada Sering Nyeri dan Tangan Berkeringat Itu Tanda Penyakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Nyeri dada hingga tangan berkeringat itu sakit apa ya Dok? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Mau bertanya Dok soal beberapa keluhan saya:

Pertama, dada saya sering terasa nyeri menusuk, kadang di bagian kanan atau kiri. Ini sering terjadi terlebih saat hujan, dingin, dan angin.

Jika saya tidak menahan napas, rasa nyeri itu semakin sakit saat bernapas.

Untuk yang kedua, kepala sering terasa sakit tiba-tiba, saat saya tidak mengkonsumsi tablet penambah darah.

Keluhan yang ketiga, tangan saya sering mengeluarkan air, bahkan sampai menetes. Kira-kira itu tanda sakit apa ya Dok?

S (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Nyeri yang dirasakan masih mungkin karena jantung, namun sifatnya tidak khas atau bisa jadi nyeri bukan dari jantung. Bila menilik dari usia, kemungkinan nyeri karena penyakit jantung koroner hanya 15%. Akan lebih baik bila dilakukan rekam jantung EKG.

Untuk keluhan kepala terasa sakit, sangat mungkin disebabkan oleh sistem syaraf yang ada. Namun, juga bisa disebabkan adanya gangguan aritmia, terutama bila disertai berdebar atau rasa melayang atau gelap tiba-tiba atau pingsan

Keluhan tangan mengeluarkan air atau berkeringat, pada beberapa orang bisa saja terjadi hiperhidrosis atau berkeringat berlebih. Hal ini bisa disebabkan adanya tingkat stress tinggi, contoh pada saat ujian, atau kondisi panas, demam atau bisa juga suatu penyakit khusus bila disertai gejala yang sesuai.

dr. Ivan Noersyid, SpJP, FIHA

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Bekasi Timur

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT