ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 09:00 WIB

Round Up

Heboh Branding 'Rumah Sehat untuk Jakarta', Kalau Sakit Harus ke Mana?

Mochammad Fajar Nur, Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rumah Sehat untuk Jakarta adalah sebutan baru untuk rumah sakit umum daerah (RSUD) di Jakarta. Nama Rumah Sehat untuk Jakarta dicanangkan oleh Anies Baswedan. Branding 'Rumah Sehat untuk Jakarta' (Foto: Silvia/detikcom)

Senada, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI dr Siti Khalimah juga menilai nama resmi RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) tidak boleh dihilangkan agar tidak membingungkan. Sedangkan kalau hanya untuk branding, menurutnya istilah 'Rumah Sehat' tidak akan mengganggu pelayanan.

"Jadi memang pada saat itu Kepala Dinas Kesehatan DKI sudah konsultasi dengan Kemenkes RI tentang penamaan RSUD daerah tersebut, tujuannya katanya untuk branding RS dan supaya ada semangat bahwa orang harus sehat," beber dr Siti saat dihubungi detikcom Kamis (4/7/2022).

Rumah sakit, bagaimanapun memang menjalankan fungsi kuratif atau pengobatan bagi orang sakit. Sedangkan bagi orang sehat, pendekatan yang dijalankan agar tetap sehat adalah preventif dan promotif.

"Kami komunikasi lagi dengan Dinkes bahwa nama rumah sakit itu harus tertulis, tidak masalah asalkan identitas itu harus ada. Rumah Sakit untuk Jakarta itu sebenarnya hanya seperti slogan atau moto saja," sambung dr Siti.

"Sesuai arahan kita (Kemenkes RI) kita lihat kan RSUD Cengkareng tetap ada, hanya ada penambahan Rumah Sehat," katanya.

Berbicara di Istana Negara, Kamis (4/8/2022), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan branding 'Rumah Sehat untuk Jakarta' lebih terkait dengan logo. Ia sendiri tidak mempermasalahkan asal nama legalnya tetap RSUD.

"Terus terang sempat bicara dengan saya. Mesti dibedakan apa nama legalnya dan nama brandingnya," kata Menkes Budi di Istana, Kamis (4/8/2022).

"Misalnya ada RS pakai hospital, kalau kita lihat logonya apa-apa hospital, tapi di aktenya tetap pakai rumah sakit. Jadi update yang disampaikan ke kami secara legal tetap rumah sakit," sambungnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT